Weblog Karyawan

| 1 TrackBack

Apabila ada karyawan menulis untuk Weblog pada jam kerja, jangan segera dianggap merugikan perusahaan. Boleh jadi, ide kreatif dia dengan tulis-menulis malah menjadi humas atau PR yang baik bagi perusahaan. Bahkan perusahaan sebesar Microsoft pun memiliki “humas” informal dengan opini yang mengundang lebih dari 2000 pengunjung per hari. Dialah Robert Scoble, salah seorang karyawan Microsoft yang rajin menuliskan catatan di Weblognya.

Tulisan Scoble punya daya tarik yang khas sehingga oleh Fast Company Scoble dianggap sebagai salah satu orang berpengaruh di Redmond. Tulisan Scoble yang banyak berisi visi tentang perangkat lunak, dan ditulis oleh seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan perangkat lunak terkemuka, tentulah mengundang penasaran. Belum lagi serangkaian “rekaman” hasil pembicaraan informal dengan orang-orang penting di lingkungan pengembangan perangkat lunak, menjadi menarik untuk diketahui. Tidak ketinggalan sedikit cerita tentang suasana kerja di dapur Microsoft.

Sampai batas tertentu, cerita atau pandangan yang diekspos dari dapur perusahaan dalam bentuk Weblog, akan membawa pandangan positif bagi pembacanya. Jika hal seperti ini sudah jamak di kalangan tim pengembang Open Source, perusahaan komersial tampaknya masih berhati-hati. Apalagi di Indonesia, dengan kondisi budaya menulis “dokumentasi” dalam bahasa segar dan enak dibaca masih langka.

Apabila diingat suplemen “The Making of …” yang sering disertakan sebagai bagian yang menarik dari proses pembuatan film, Weblog yang hidup dari dapur perusahaan dapat memikat dan bermanfaat bagi pembacanya, a.l. karena bercerita proses pengembangan perangkat lunak fresh from the oven.

1 TrackBack

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/115

Jika komunitas Weblog bertemu, koneksi Internet, Weblog, Photoblog, dan Wiki tidak boleh tertinggal. Read More

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 8, 2004 8:48 AM.

Posting Tetap Penting was the previous entry in this blog.

Pembuktian Keaslian Foto Digital is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261