GMail vs. Yahoo! Groups

| 10 Comments | 1 TrackBack

Apakah memang sedang terdapat persoalan dengan akoun GMail untuk berlangganan mailing list di Yahoo! Groups?

Serangkaian uji coba saya menghasilkan beberapa kondisi:

  1. Dengan dimasukkan sebagai anggota dari halaman Web, lewat prosedur “Add member”, alamat email yang menggunakan @gmail.com dapat didaftarkan dan menerima email seperti umumnya. Normal, tidak terdapat masalah.
    Cara ini dapat saya lakukan di “mailing-list” tempat saya ditunjuk menjadi moderator.
  2. Dua kali saya mendaftar ke dua buah mailing list dengan cara mengirimkan email ke namamilis-subscribe@yahoogroups.com. Hasilnya: keduanya memperoleh email balasan berisi konfirmasi rencana pendaftaran yang saya lakukan. Setelah saya balas konfirmasi tersebut, tidak ada respon apapun berikutnya. Demikian juga dari halaman Web Yahoo! Groups tidak terdapat informasi di halaman “Members - Pending”.
  3. Saya coba memasukkan alamat email di GMail ke dalam daftar alamat email yang saya gunakan bersama dengan akoun-Web di Yahoogroups. Rencana saya, setelah alamat email tersebut terdaftar, saya akan berlangganan ke mailing list lewat fasilitas “Join this group” versi Web. Dengan demikian tidak perlu campur tangan moderator untuk memasukkan alamat email GMail lewat cara pertama di atas — dan artinya dapat saya gunakan untuk berlangganan mailing list manapun.
    Proses pendaftaran saya lakukan dan mereka mengirim email konfirmasi berisi kode yang akan digunakan untuk persetujuan nantinya. Hasilnya: sampai 14 jam berikutnya, saya belum menerima email apapun dari Yahoo! Groups. Hal ini melengkapi email konfirmasi (item 2 di atas) yang juga tidak kunjung datang.

Saya belum mengambil kesimpulan terjadinya persoalan GMail vs. Yahoo! Groups ini. Pola yang dapat dilihat dari percobaan kecil yang saya lakukan dengan tiga buah modus berlangganan di atas adalah: email konfirmasi yang menjadi mata rantai awal berlangganan mailing list di Yahoo! Groups di salah satu simpulnya terputus (tidak ada respon apapun) tanpa diketahui penyebabnya dengan jelas.

Saya tetap berlangganan sebuah mailing list dengan cara pertama: bagaimanapun meminta moderator mailing list memasukkan alamat email kita dengan cara manual “Add Member” adalah pekerjaan yang tidak berguna di zaman otomasi.

[10/5] Enda Nasution menjelaskan bahwa kemungkinan email konfirmasi dari Yahoo! Groups dianggap sebagai spam oleh GMail. Saya periksa di folder Spam saya: ternyata benar, terdapat email konfirmasi dari Yahoo! Groups untuk uji coba nomor 3 di atas. Dengan demikian, seperti dilakukan oleh Enda juga, kemungkinan mendaftar lewat email bisa dilakukan dengan syarat: diikutkan ke salah satu id Yahoo!

Untuk kasus uji coba nomor 2, belum terdapat informasi/konfirmasi. Ada yang berhasil?

Folder Spam di GMail “mengecoh”: saya anggap kosong (karena font tidak berubah menjadi huruf tebal), ternyata sudah ada lima email terjaring di sana. Kecuali kasus registrasi ini, lainnya dari mailing list yang saya ikuti.

1 TrackBack

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/147

Yahoo! vs Google from Java and web tech scraps on June 17, 2004 7:57 PM

Ya, ya, ya. Pertarungan antar keduanya semakin hangat saja. Tadi ketika saya ingin login ke Yahoo! Mail, saya dikagetkan bahwa sekarang spacenya ditambah menjadi 100MB. Pengen nyaingin GMail mungkin :P And look at this: Messages in your Bulk folder ... Read More

10 Comments

Cara manual “Add Member” adalah pekerjaan yang tidak berguna di zaman otomasi.

Haha, sangat setuju sekali. Mungkin, dari sisi moderator, bisa juga menyelesaikan masalah tersebut dengan memberi jawaban, “Kalau tidak bisa sign up dengan @gmail.com, ganti saja email lain…”

Hehehe, wah, tukang iseng juga ini… :D

Yup. Saya mengalami masalah yang sama dengan gmail account saya. Tadinya saya kira saya saja yang nggak ngerti cara pakai gmail. Ternyata … ada orang lain yang bermasalah. Kesimpulannya? (Kalau bisa dikatakan kesimpulan). Nampaknya memang ada masalah.

— budi

bagoes

periksa label/folder spamnya mas amal. saya sih ga subscribe baru, cuma add email/nempelin email akun gmail di yahoo id yg sudah ada.

ga ada masalah.

Maaf, katanya pemilik account Gmail bisa mengundang orang lain yang belum memiliki account gmail untuk mendaftar pada Gmail juga (ada fasilitas/tombol Invitations-nya).

Benar tidak sih?

Thanks sw

Benar. Terdapat mekanisme mengundang calon penguji coba lain (karena statusnya masih Beta) sebanyak dua kali undangan.

Karena terbatas jumlahnya, beberapa orang melakukan “transaksi” di Gmail Swap.

Saya ingin tahu, bagaimana caranya mendaftar/memperoleh account di Gmail. Semoga ada yang bisa membantu. Terima kasih.

Lucky, akun GMail dapat diperoleh antara lain lewat undangan (invite). Saya sudah kirim undangan untuk anda.

kepikiran apa tunggu sampai semua lancar ya, soalnya aku termasuk yg kesulitan untuk memiliki account gmail, tapi sampai kapan padahal sudah ingin banget. ada yang berbaik hati invite aku ga ya.. terimakasih.

Saya juga ingin sekali bisa mencoba account gmail ini mengingat dlm pekerjaan seringkali melakukan transaksi via email. Ada yg bisa bantu soalnya di Makassar yang menggunakan gmail juga masih sangat terbatas. Terimakasih.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on May 2, 2004 5:42 AM.

Groups.or.id Sedang Menghadapi Persoalan Teknis was the previous entry in this blog.

Groups.or.id tanpa Arsip is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261