Satu GB Masih Ingin Diakses Lewat POP

| 4 Comments | No TrackBacks

Enda Nasution mengirim email berisi URI tentang layanan baru untuk membaca email dari Gmail, lewat POP, yakni eMail2Pop dan Jaybe.org. Kebetulan Matthew Mullenweg menulis tentang Gmail Loader (GML) yang di dalamnya disebutkan taut ke Mark Lyon dan di sana ditulis daftar beberapa utilitas untuk mengakses Gmail sehingga dapat dihubungkan dengan klien email lain — terutama versi desktop seperti Microsoft Outlook Express atau Netscape Mail.

Seingat saya layanan yang mencoba mengakali pengambilan email dari Webmail menjadi format klien email desktop pertama kali disodorkan oleh salah satu penyedia jasa di Israel. Mereka menyediakan alat bantu untuk membaca email dari akun di Hotmail ke Microsoft Outlook Express. Pada saat itu Hotmail sudah mulai populer sebagai tempat yang potensial didatangi email spam dan kompetitor utama mereka, Yahoo! Mail, masih menawarkan layanan POP dan forwarding gratis, dengan demikian jasa yang disediakan dari Israel di atas kurang diminati.

Sampai akhirnya Yahoo! mengubah layanan POP mereka menjadi versi bayar dan sebagian orang tetap ingin menikmati alamat email Yahoo! lewat klien email desktop dengan berbagai alasan. Demikianlah, akhirnya muncul Yahoopops dan YoSucker. Dua produk ini tersedia dengan lisensi Open Source dan barangkali masih terdapat produk lain dengan lisensi berbeda.

Karena Yahoo! hanya membolehkan POP untuk pemakai bayar mereka, produk-produk pengambil email melakukan simulasi pemakai biasa yang login ke antarmuka Web Yahoo! lewat perambah (browser). Autentikasi, pembacaan email, pergantian halaman Web Yahoo! Mail, dan cara-cara lain dilakukan persis seperti halnya jika pemakai Yahoo! Mail login dan membaca email mereka lewat Web. Oleh karena itu ciri penting dari layanan seperti ini adalah senantiasa menjaga prosedur transaksi mereka mengikuti perkembangan di Yahoo!, karena setiap perubahan, walaupun sedikit, akan berpengaruh terhadap cara alat bantu ini memilah (parse) halaman Web Yahoo! Mail.

Pada masa-masa ukuran ruang untuk email masih terbatas (baca: sebelum Gmail mendentumkan salvo perlombaan ukuran ruang email), salah satu alasan utama pemakai layanan seperti ini adalah menghindari kehabisan ruang di Yahoo! (yang kebetulan paling populer dijadikan sasaran).

Dengan peningkatan ukuran ruang untuk email yang luar biasa seperti sekarang, apakah alat bantu seperti ini masih diperlukan? Terus terang, saya sedikit tidak habis pikir ternyata teknik serupa masih diminati kendati Yahoo! Mail sudah menaikkan ukuran ruang untuk email 20 kali lipat. Bahkan tersedia untuk Google yang memberi cuma-cuma 1 GB!

Apa yang menjadi motif?

Seandainya persoalan ukuran, tentu kurang relevan lagi: Stopdesign menghitung ukuran tersebut cukup untuk 32 tahun. Jika karena pertimbangan antarmuka Webmail yang kurang nyaman (saya termasuk kelompok ini), tentu pertanyaannya lebih mendasar lagi: kenapa memakai Gmail? Toh sudah jelas-jelas orientasi bisnis mereka adalah Webmail. Berarti tinggal kemungkinan terakhir: ingin menggunakan alamat email @gmail.com. Bisa jadi hal ini penting bagi yang ingin memakai sebuah alamat tunggal seumur hidup dan Gmail dapat dijadikan jaminan.

Dari sisi sebaliknya, seperti yang dicontohkan oleh Mark Lyon, terdapat kepentingan memindahkan arsip email dari komputer pribadi ke tempat yang lebih lapang (dibanding Webmail lain) seperti Gmail. Barangkali tujuan utamanya agar arsip tersebut lebih mudah diakses. Yang dilakukan oleh GML lebih mudah karena prinsipnya hanya membaca arsip pesan di komputer lokal dan kemudian mengirimkannya ke Gmail.

Bagi pemakai komputer yang lebih peduli terhadap keamanan, perlu dipastikan bahwa konfigurasi untuk pengambilan email dengan cara di atas melewati HTTPS, terutama untuk Yahoo! Mail yang masih membolehkan login dengan modus non-secure. Saya sendiri lebih merasa nyaman dengan mekanisme forwarding dibanding POP ke Yahoo! Mail.

Apakah hal ini masih berarti terdapat animo sebagian orang untuk menggunakan Gmail seperti halnya akun premium Yahoo! Mail? Barangkali USD 19/tahun tidak terlalu mahal.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/166

4 Comments

Saya dulu pengguna Pegasus, skarang pake Ximian. Tapi untuk membuka web-mail saya tetap pake webbrowser… Kalau mau layanan POP/IMAP ya mending pake bayar lah… gak terlalu mahal kok. coba lihat Belihosting atau Idwebhost ( ** klo tidak salah *)

Lagi-lagi tentang GMAIL:

G-Mailto v1.01.

Bisa jadi blog sendiri ini hehe

Masih tentang GMAIL, sekarang ada GTRAY :)

Aplikasi ini ngasih notifikasi jika ada email baru (seperti Y! Msgr) di account gmail kita.

Info bisa dilihat disini: GTray

Saya setuju cerita tentang GMail ini dapat menjadi Blog tersendiri bagi yang menekuni. Lowongan pekerjaan bagi yang bersedia rajin… :)

Kang Enda, terima kasih banyak atas kontribusi URL di atas.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on June 22, 2004 5:24 AM.

Sandi Lewat dan Kunci was the previous entry in this blog.

Gambar di Dalam Email HTML Perlu Diblok is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261