Panen Raya dari Lisensi di Vietnam

| No TrackBacks

Sedemikian gemas membaca praktik ijon yang saya tulis mengomentari reaksi presiden Rumania tentang praktik ilegal pemakaian perangkat lunak di negaranya, seorang teman mengusulkan bahwa seharusnya vendor perangkat lunak juga “dipersalahkan” karena pada awalnya mereka membiarkan praktik ini berlangsung. Kira-kira serupa dengan lapak liar yang dibiarkan terus tumbuh (bahkan kadang malah dikenai retribusi juga) dan kemudian dihalau dengan alasan tempat tersebut bukan untuk berjualan. Saya tidak sependapat karena aturan hak cipta sudah jelas dan menjadi kelaziman — kendati negara kita “menyusul” aturan tadi secara bertahap — dan semua perangkat lunak menyediakan bahasa hukum dalam bentuk Persetujuan Lisensi untuk Pemakai Akhir (End User Lisence Agreement).

Memang pahit dan banyak negara harus menghadapi ini.

Buah manis kemajuan di bidang TI dan media sekarang ini harus menghadapi sejumlah persoalan, salah satunya adalah isu hak cipta, demikian kira-kira yang ditulis Vietnam Net Bridge menggambarkan satu dari sepuluh peristiwa TI penting yang dipilih media di Vietnam. Malah Net Bridge menyebut Microsoft akan “memanen” pemasukan dalam beberapa masa mendatang. Sebuah analogi panen raya, jika pada ilustrasi sebelumnya di Rumania adalah praktik ijon.

Solusi akhir di Vietnam juga mirip dengan di negara kita: pemerintah berusaha melegalisasi perangkat lunak dengan melakukan negosiasi pengadaan dalam jumlah besar. Di tataran lebih bawah, Asosiasi Informasi Vietnam mengajak pemakaian dan pengembangan produk domestik, mengarahkan pada pemakaian perangkat lunak bebas, dan kemungkinan aplikasi dari teknologi baru seperti Web 2.0.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/528

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 5, 2007 1:48 PM.

Persoalan Keamanan di WordPress 2.1.1 was the previous entry in this blog.

Bandar Togel dan Jagat Riuh is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261