Knoppix dan Gnoppix

| No TrackBacks

Distribusi GNU/Linux on the fly adalah jenis lain yang memiliki peminat tersendiri. Pengertian on the fly di sini adalah langsung dijalankan dari CD-R. Tanpa instalasi dan tidak perlu aktivitas menulis ke hard disk. Knoppix dan Gnoppix saat ini merupakan dua distribusi aktif untuk jenis ini.

Setelah mencoba dari pertama kali Knoppix diluncurkan, saya puas menggunakannya dan terbukti beberapa kali membantu untuk keperluan pemulihan sistem (recovery). Pada saat komputer crash dan sistem operasi tidak dapat berjalan dengan baik, sedangkan isi hard disk perlu diselamatkan, maka salah satu cara yang saya gunakan adalah mengambilnya dengan mengaktifkan Knoppix sebagai sistem operasi sementara. Karena partisi yang dipakai oleh Microsoft Windows dapat diakses oleh Linux (modus baca-tulis untuk FAT32 dan modus baca untuk NTFS), maka Knoppix juga dapat dijadikan salah satu alternatif menyelamatkan isi hard disk untuk partisi Windows.

Pada versi terakhir yang sempat saya bandingkan, Knoppix 3.3 Beta dan Gnoppix 0.6.0, tampaknya Knoppix masih lebih cepat dalam hal respon terhadap permintaan pemakai. Padahal menurut pengamatan sepintas, KDE yang digunakan oleh Knoppix lebih banyak memiliki asesoris dibanding Gnome yang digunakan oleh Gnoppix. Beberapa kali setelah menu di Gnoppix diklik, saya menunggu 3-5 detik sebelum terlihat indikasi aplikasi tersebut diaktifkan.

Kedua distribusi di atas juga cocok untuk pemakai komputer yang ingin berkenalan dengan GNU/Linux. Sebelum benar-benar melakukan instalasi dan menggunakan untuk operasional.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/145

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on April 28, 2004 12:09 PM.

Kesempatan Mendapat Akoun GMail bagi Pemakai Blogger was the previous entry in this blog.

Groups.or.id Sedang Menghadapi Persoalan Teknis is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261