Mencari Notebook Hilang dan Surga

| No TrackBacks

Tanggal 1 April yang dikenal sebagai April Mop (atau April’s Fool) selalu diwarnai dengan kejutan di beberapa situs Web. Saya kumpulkan beberapa hasil tangkapan dari layar monitor di bawah ini, karena terdapat kemungkinan setelah April Mop selesai, halaman-halaman jenaka tersebut dihapus oleh pembuatnya.

Untuk mendapatkan hasil dengan resolusi lebih besar dan berwarna, klik di bagian gambar yang ingin dilihat.

Kunjungi Slashdot setiap 1 April

Slashdot 01

Sudah menjadi tradisi di Slashdot 1 April “dirayakan” lewat artikel-artikel yang sengaja dipilih dari koleksi aneh atau tidak umum dengan kondisi sehari-hari mereka. Ada apa dengan Jelly Belly, yang mengaitkan makanan gratis dengan Internet? Ah, artikel sepanjang itu tidak menyediakan satu taut URI pun, sangat aneh untuk kebiasaan di Slashdot yang selalu berisi rujukan ke situs lain. Setelah itu terdapat orang dengan nama I337: apa lagi ini?


Artikel di bawahnya bertambah seru: RMS-Lint, sebuah alat yang unik, dipakai untuk memeriksa dokumen, apakah sudah sesuai dengan permintaan Richard Stallman. Bagi yang belum tahu, Stallman adalah pengagas GNU dan dia menolak membaca dokumen yang menggunakan format proprietary — ehm, Microsoft Office misalnya…

Mengembangkan sebuah perangkat lunak Open Source untuk pemandu misil dan membantu negara berkembang? Ini gagasan eksentrik dengan penanya anonimous dan tidak terdapat satu taut URI pun sepanjang artikel tersebut. Ah, setelah itu terdapat artikel tentang RFC yang membicarakan “Protokol Maha Tahu” (Omniscience Protocol). Tampaknya masih dalam rangka April Mop, protokol tersebut benar-benar ditulis dan diajukan sebagai RFC nomor 3751.


Slashdot juga melengkapi kekacauan 1 April dengan sigi yang hanya berisi satu pilihan, Yes, dan hasil dihitung menjadi berjumlah 300% (bukan 100%).

Terakhir dari Slashdot adalah artikel seseorang yang melaporkan kehilangan mobil beserta notebook dan telepon genggam, dan mengaku berasal dari Alkmaar, Belanda. Uniknya si pelapor ini menyebutkan alamat MAC kartu jaringan notebook dan kode IMEI telepon genggam namun sama sekali tidak menyebutkan nomor plat mobil yang hilang! Penulisan tanggal dan jam kejadian juga sangat janggal bagi orang Belanda (yang sehari-hari menggunakan cara penulisan sama seperti kita di Indonesia). Lagipula, inilah untuk pertama kali ada seseorang melaporkan kehilangan ke Slashdot!


Freshmeat bermain-main dengan ROT13

Tidak ketinggalan keluarga OSDN lain, Freshmeat, mengacak-acak tampilan halaman depan situs Web mereka dengan ROT13 sehingga menjadi sulit dibaca.


WordPress merobohkan huruf di judulnya

WordPress, salah satu alat bantu penyusunan Weblog, merobohkan huruf-huruf yang dijadikan banner utama di bagian atas halaman Web mereka.

Bukan Google jika tidak dapat jenaka

Selain janji bahwa lingkungan kerja di Google bersahabat dan segar, peluncuran GMail kemarin juga mengundang sebagian spekulasi, kendati sudah jelas dibantah: GMail adalah layanan Google, bukan lelucon 1 April. Namun tetap saja, mereka menyembunyikan sebuah taut berisi rencana perekrutan karyawan untuk ditempatkan di pusat data Copernicus yang berlokasi di luar angkasa. Apabila halaman Web tersebut sudah dihilangkan dari server mereka, gunakan salinan berikut: 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7.

Favorit saya adalah sebuah halaman Searching the heavens.

Deadly.org tidak mau tertinggal

Halaman Deadly.org

[Tambahan, 04/04] William Pramana menulis catatan lewat komentar bahwa OpenBSD Journal juga menyiapkan halaman untuk menyambut 1 April. Hari ini saya kunjungi, artikel bertanggal 1 April tersebut masih terpampang di sana dan belum terdapat artikel bertanggal sesudahnya. Selain itu, situs “susulan” yang menyebut dirinya The New OpenBSD Journal juga disiapkan. Salinan tampilan mereka tersedia, hasil tangkapan Gimp.


MamboPortal: Ada apa?

[Tambahan, 05/04, Ndaru Elvino] Entah sekadar lelucon 1 April atau memang pengelola MamboPortal patah arang dengan sikap pengunjungnya, mereka menutup portal yang semula dimaksudkan untuk komunitas pengguna Mambo Open Source.


No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/130

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on April 2, 2004 10:14 AM.

Gmail Tetap Merupakan Webmail was the previous entry in this blog.

Wiki#direktif: Wiki untuk #direktif is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261