Menyajikan Parodi dengan Serius

| No TrackBacks

Diingatkan oleh catatan Diki Andeas, Webby Awards — yang sering dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi di lingkungan Web — sudah menampilkan daftar nominasi untuk tahun 2004.

Saya tertarik dengan kategori Humor, dan dari contoh yang saya jenguk, Whitehouse.org dan The Onion, keduanya sedang diisi parodi berita kebijakan Amerika di Timur Tengah. Whitehouse.org memang serius mengolah semua berita tentang lembaga kepresidenan Amerika Serikat dan disuguhkan menjadi parodi sambil menyindir G.W. Bush dan keluarganya. Beberapa nama sengaja diubah, misalnya Ariel Sharon (PM Israel) menjadi Ariel Sharonberg, namun foto dan peristiwa yang diolok-olok jelas menunjukkan tokoh yang dimaksud. Tidak lupa, seperti kebiasaan G.W. Bush seusai mengadakan jumpa pers, terutama dalam persoalan yang membawa sentimen keagamaan, artikel diakhiri dengan “salam populer” Bush, God Bless America!

Sedangkan The Onion lebih bervariasi dan sudah lama sohor sebagai situs parodi berita-berita top dunia. Saya ingat ada teman yang pernah sedikit terkecoh menanyakan perihal salah satu berita yang diperoleh dari sebuah mailing list dengan judul, Christ Converts To Islam dan setelah saya klik: URI tersebut dari The Onion, ah, tergelaklah kami… (Artikel tersebut tersedia hanya untuk premium member di The Onion, tetapi masih bisa dibaca di cache Google — setidaknya untuk hari ini).

Parodi-parodi yang digarap serius, seperti yang dicontohkan di dua situs di atas, ditampilkan dengan data diambil dari fakta aktual, dan kutipan-kutipan pidato orang-orang penting yang disorot, diambilkan bagian yang segar dan memang jenaka. Jangan lupa, komik yang digarap serius di UserFriendly.org, yang berisi ungkapan jenaka kaum geek juga termasuk situs padat pengunjung.

Humor dengan kalimat cerdas ini yang tampaknya belum ditangani serius di Indonesia. Situs Web yang mengambil posisi sebagai “situs humor” masih terlalu umum dan materi yang disajikan baru koleksi humor dari pengunjung. Sebagai perbandingan, Whitehouse.org dan The Onion dikerjakan oleh sebuah tim tetap yang bekerja sebagai redaktur. Humor yang lebih menggelitik, namun sayang hanya dalam ukuran yang sangat minim, dapat dibaca dari boks kecil, seperti halnya Rehat di Republika.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/141

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on April 24, 2004 8:09 PM.

Distribusi GNU/Linux Langsung dari Sumber was the previous entry in this blog.

Info Status Koneksi Jaringan Lewat Telepon is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261