Info Status Koneksi Jaringan Lewat Telepon

| No TrackBacks

Pada hari Jumat, 23 April lalu, koneksi Internet yang terhubung dengan komputer di rumah putus dari sekitar pukul 00.00 (tengah malam) sampai dengan jam 14.00 lebih. PJI tempat kami berlangganan Internet, @home di Belanda, ternyata menyediakan beberapa alternatif cara mengetahui status kondisi jelek tersebut. Terus terang saya belum tahu cukup detail fasilitas tersebut karena selama ini belum pernah memanfaatkannya: kalaupun ada gangguan paling hanya 5-10 menit. Paket layanan yang kami gunakan juga hanya untuk “kelas rumah”, namun semenjak tahun 2002 kami mulai berlangganan, baru Jumat kemarin koneksi terputus begitu lama.

Karena kebetulan @home berada satu atap dengan perusahaan di Belanda yang mengelola televisi lewat kabel, Essent, pagi hari pada saat gangguan tersebut saya berusaha mencari informasi lewat teleteks di televisi. Tidak terdapat informasi apapun, hanya disajikan keterangan umum berupa daftar nomor telepon yang dapat dihubungi. Saya berusaha menghindari menelepon ke helpdesk mereka, karena semenjak tahun 2003 lalu, nomor telepon helpdesk dialihkan dari 0800 (gratis) ke 0900 yang bayar 10 Eurocent/menit. Saya berpendapat koneksi putus hari ini bukan disebabkan dari rumah kami, jadi sepatutnya tidak ada pengeluaran ekstra dari saya sebagai pelanggan.

Dari informasi yang saya peroleh lewat nomor umum, ternyata disediakan nomor 0800 (gratis) untuk memeriksa status jaringan. Ini menarik: bisa melakukan semacam ping ke jaringan lewat telepon. Saya coba, langsung dipandu oleh mesin penerima dengan penjelasan terlebih dahulu bahwa apabila ingin berbicara langsung dengan operator, maka gunakan nomor lain, 0900 tersebut. Setelah itu, saya diminta memasukkan empat digit angka kode pos tempat tinggal saya. Perlu diketahui, kode pos di Belanda terdiri atas empat digit angka diikuti oleh dua huruf, misalnya 1234 AB. Kombinasi kode pos dan nomor rumah dapat digunakan untuk memperoleh nama jalan, dan sebaliknya, penyebutan nama jalan dan nomor rumah dapat dipakai untuk mencari kode pos.

Setelah dimasukkan empat digit angka yang benar, dan menekan tombol “1” untuk konfirmasi, saya memperoleh informasi bahwa memang sedang dilakukan perbaikan untuk daerah kami. Segera terpikir oleh saya untuk mencoba kode pos lain yang berdekatan dan kota lain. Hasilnya memang satu blok daerah kami sedang bermasalah semua dan kota lain hari itu “tidak ada pengumuman” — yang berarti sedang tidak ada masalah.

Alhasil, sambil tetap menulis bahan-bahan yang akan dipasang di situs Web, beberapa kali saya lakukan ping lewat telepon tersebut. Yang menarik bagi saya: barangkali ada baiknya penyediaan informasi dengan cara-cara alternatif seperti di atas dilakukan oleh sektor jasa di Indonesia. Apalagi bagi penyedia layanan TI yang memang menjual produk berupa informasi atau infrastrukturnya.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/142

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on April 25, 2004 10:37 PM.

Menyajikan Parodi dengan Serius was the previous entry in this blog.

PHPWiki Masih Paling Diminati is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261