Privasi di GMail dan Layanan Email 1 GB

| 2 Comments | No TrackBacks

Spekulasi layanan email dari Google, Gmail, saat ini berputar pada dua sisi: sisi teknis dengan ukuran penyimpanan 1 GB per pemakai (ditambah sedikit jargon “pengelolaan email next generation”) dan sisi legal. Karena status layanan tersebut masih Beta dan registrasi belum dibuka, tersedia cukup waktu buat Google untuk melakukan revisi.

Sisi legal yang paling mengganjal adalah privasi pemakai. Salah satunya seperti disebut pada Terms of Use Google Mail beberapa hari lalu, yang disalinkan oleh salah seorang pembaca di Slashdot, Residual copies of email may remain on our systems, even after you have deleted them from your mailbox or after the termination of your account. Hari ini saya baca sendiri bagian yang berisi “residual copies” tersebut isinya berbeda: In the event of termination, your account will be disabled and you may not be granted access to your account or any files or other content contained in your account although residual copies of information may remain in our system., di bagian “Termination; Cancellation” (bukan di “Privacy” lagi).

Persoalan legal ini menjadi hangat terutama dikaitkan dengan undang-undang tentang privasi yang lebih ketat di Eropa dibanding Amerika Serikat. Tuntutan terhadap layanan GMail yang disebut boleh jadi melanggar hukum Eropa sudah dilayangkan oleh grup yang mengatasnamakan privasi di Kerajaan Bersatu (UK). Sedangkan GMail di halaman Terms of Use menyatakan menerima masukan selama periode awal GMail ini dan berharap mereka dapat meningkatkan respon terhadap umpan balik dari khalayak.

Akan halnya ruang untuk email sebesar 1 GB, ternyata bukan hal baru yang hanya ditawarkan Google. Spymac, yang ingin menjaring komunitas pengguna Macintosh, sudah menyediakan ruang untuk email sama besarnya. Karena mereka tidak memiliki layanan pencarian seperti Google, sejauh ini belum terdapat komplain persoalan privasi seperti di GMail. Sayang seribu sayang, salah satu skrip konfirmasi registrasi di Spymac sedang gagal bekerja, sehingga konfirmasi yang seharusnya dikirimkan kepada pendaftar baru gagal terus. Saya coba melakukan registrasi, id saya sudah masuk ke basisdata mereka namun tetap gagal minta dikirim sandi lewat (password). Saya juga belum mengetahui apakah halaman untuk login sudah menggunakan HTTPS (HTTP Secure) seperti yang terdapat di GMail.

Dini hari [12/04] saya menerima konfirmasi dari Spymac setelah beberapa hari terkatung-katung di prosedur registrasi mereka. Tampilan grafis untuk ikon dan avatar sangat bagus, khas Macintosh. Login belum menggunakan HTTPS (HTTP Secure), dan meneruskan email (forward) ke akoun lain dibolehkan. Tapi aneh juga kalau ingin dapat ruang penyimpanan besar terus email yang masuk diteruskan ke akoun lain. Dari sisi akses saya rasakan kurang cepat: apakah terlalu berat mengambil berkas grafis?

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/133

2 Comments

waaah ulasannya bagus :) simple dan mudah dicerna :)

aku aja

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on April 8, 2004 9:21 AM.

Iklan di Media Web: Aksesibilitas Rendah dan Proses di CPU Tinggi was the previous entry in this blog.

Google Memblok Aktivitas Semacam detik.id.or.id is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261