Euforia 100 MB

| 2 Comments | 2 TrackBacks

Seandainya kemarin tidak ada pertandingan sepak bola Euro 2004 antara Belanda melawan Jerman, sempurnalah suasana euforia yang saya alami berkaitan dengan ukuran ruang email. Berawal dari sebuah email dari seorang teman berisi pemberitahuan bahwa tempat yang disediakan oleh Yahoo! Mail naik menjadi 100 MB. Saya periksa lewat akoun saya di Yahoo! dan sekalipun belum membaca pemberitahuan apapun, tampilan groupware versi Yahoo! — yakni Mail, Calendar, Address, dan Notepad — sudah berubah. Lagi-lagi peningkatan servis ini ditandai dengan perombakan desain dan tata letak. Benarlah, saya periksa di Enda Quicklinks, entri tentang perbaikan Yahoo! Mail sudah bertengger. Dalam hal kecepatan pencarian informasi terbaru, percayakan pada koleksi taut singkat yang rajin dikumpulkan Enda! Kompetitor terdekat dia saat ini adalah Robert Scoble.

Kenaikan ukuran ruang di Yahoo! Mail yang bertahap ini menjadi fenomena yang menarik. Pemakai di Groningen, Belanda, masih bertanya-tanya, dan salah seorang teman lain menjelaskan bahwa perubahan terjadi sekitar pukul 10.00 CEST (UTC+2). Demikian juga bersamaan dengan status yang dipasang beberapa teman di Yahoo! Messenger, seorang lain di Bandung perlu memeriksa sekali lagi akoun Yahoo! yang dimiliki. Teman lain di Dusseldorf, Jerman, menyatakan keheranan karena akoun yang dia miliki sudah berubah sedangkan milik suaminya belum. Perubahan yang gradual ini, menjadikan akoun email di Yahoo.com lebih dahulu berubah dibanding Yahoo.de.

Berbeda dengan Gmail yang membuka registrasi terbatas dan pemakai berikutnya datang karena diundang, Yahoo! Mail yang memiliki pemakai loyal dalam jumlah fantastis menyebabkan hari ini seperti milik Yahoo! Mail. Ukuran yang “hanya” sepersepuluh namun langsung diberikan kepada semua pemilik akoun ibarat mempertanyakan: kapan Gmail akan membuka registrasi untuk publik?

Sambil menjelaskan beberapa hal tentang perolehan akoun di Gmail lewat mailing list untuk beberapa teman, ternyata pada saat refresh halaman Web Gmail, saya baca kesempatan mengundang orang lain lagi (kesempatan sebelumnya sudah saya pakai). Karena topik hari ini tentang akoun email gratis yang menyediakan ukuran lebih besar, sekalian saya obral tawaran dari Gmail ini kepada para kolega, dan bersama teman lain, dalam sekejap habis untuk mengundang pendaftar baru. Salah satu teman yang hari ini terus mengikuti perubahan banyak akoun email ini sampai menulis pesan untuk saya bahwa dia tidak sempat bekerja dengan baik karena gembira memperoleh fasilitas baru.

Namun apa yang terjadi?

Pada saat-saat tersebut, Google tiba-tiba gagal diakses dalam periode beberapa puluh menit (kalau server saya gagal diakses dalam beberapa jam tidak akan menimbulkan kegusaran, namun ini Google…). Saya yang menggunakan koneksi modem kabel untuk pemakai di rumah gagal masuk ke Gmail beberapa kali, seorang teman yang sedang berada di lab. Rijksuniversiteit Groningen, seorang lagi yang mengakses Google dari asrama mahasiswa di Groningen, dan satu lagi laporan dari TU Delft, ketiganya menyebutkan kegagalan membuka halaman Web Google.

Saya sebutkan kepada beberapa teman tersebut lewat Yahoo! Messenger bahwa tampaknya penggemar layanan gratisan dari Indonesia berduyun-duyun mengakses Internet, sehingga Google lumpuh… Tentu saja ini hanya kelakar saya di tengah pembicaraan ramai tentang 100 MB dari Yahoo! Mail dan undang-mengundang Gmail, yang kebetulan di sekitar orang Indonesia.

Entah terkait dengan renovasi baru Yahoo! Mail, sekitar pukul 22.00 CEST saya coba otak-atik konfigurasi akoun saya di Yahoo! Mail dan terasa lebih lambat dibanding hari-hari normal sebelumnya.

[17/6] Dari ComputerWeekly: Internet hosting firm blames ‘global DNS attack’ for disruptions.

[23/6] Andika Triwidada menjawab pertanyaan tentang siasat Google berkaitan dengan registrasi untuk publik.

2 TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/164

Yahoo! vs Google from Java and web tech scraps on June 17, 2004 7:36 PM

Ya, ya, ya. Pertarungan antar keduanya semakin hangat saja. Tadi ketika saya ingin login ke Yahoo! Mail, saya dikagetkan bahwa sekarang spacenya ditambah menjadi 100MB. Pengen nyaingin GMail mungkin :P And look at this: Messages in your Bulk folder ... Read More

Kenapa ya, kok banyak yang menjual account Gmail? Entah dilelang, atau "Kalau mau di invite, bayar blah blah blah", juga... Read More

2 Comments

Soal koneksi ke Yahoo! memang saya merasa sedikit lebih lambat. Bukan tentang akses internetnya saya rasa (tapi kenapa ya?). Soalnya saya merasa dengan koneksi internet yang sama (ditempat umum) yang biasa saya pakai, situs lain terbuka dengan “cukup” cepat. Tetapi beberapa jam setelah account menjadi 100 Mb, kok terasa lambat yah? Atau hanya perasaan saja? Atau… ada alasan secara teknisnya?

ada hubungan dengan peristiwa yg diberitakan Detiki-net?

untuk GMail, ada tulisan menarik

:)

kang amal, masih di utara toh?

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on June 16, 2004 1:10 AM.

Ayo ke Sekolah! was the previous entry in this blog.

Sandi Lewat dan Kunci is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261