Rencana Microsoft terhadap Pemakai Windows XP Bajakan

| 4 Comments | No TrackBacks

Pemakai Windows XP versi bajakan perlu berhati-hati: Microsoft hendak mencegah SP2 terpasang pada Windows XP versi ilegal. SP2 direncanakan akan diluncurkan pertengahan tahun ini, dan ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan, karena menurut Microsoft merupakan perubahan penting terutama dalam hal keamanan sistem. Disebut oleh Paul Randle dari Microsoft UK, Kami melanggar aturan kami sendiri untuk tidak menyediakan kode baru ke dalam Service Pack.

Memang belum merupakan keputusan final karena pada bagian akhir berita tersebut dijelaskan Microsoft terus meninjau strategi peluncuran SP2 — dengan kemungkinan berubah di tengah jalan. Sebagai contoh, pada artikel sebelumnya, tanggal 9 Mei, di Slashdot, disebutkan bahwa SP2 diperbolehkan dipasang di semua Windows XP.

Dapat diduga bahwa pihak-pihak yang berkepentingan dengan persoalan keamanan sistem akan keberatan dengan rencana terakhir ini. Dengan membiarkan banyak komputer berisi Windows XP ilegal pada kondisi tidak aman, peluang terjadinya efek pada skala global lewat Internet, tetap rawan. Sebagai contoh, worm Slammer, yang menyerang lewat Microsoft SQL 2000, sebagian berasal dari pemakai komputer di rumah yang terhubung dengan Internet.

Barangkali rencana ini dimaksudkan oleh Microsfot sebagai pelajaran kepada pemakai perangkat lunak ilegal, namun persoalannya: saat ini kita hidup terhubung lewat Internet dan eskalasi persoalan keamanan dengan cepat menjadi isu global.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/160

4 Comments

Ini pemeriksaannya juga termasuk ke pengguna rumahan jg gak yah? Atau hanya untuk corporate. Lucu jg sih kalau setiap rumah digrebek ama Microsoft. :D

Jangan kuatir, Microsoft belum punya rencana mendatangi rumah… Mereka baru berencana memblok SP2 terpasang di XP ilegal.

Saya pribadi (di kamar) nggak pake bajakan lagi. Smentara ini pake RedHat 9.0 sama FreeBSD 5.2.1 dah cukup memenuhi kebutuhan saya. Aplikasi ngetik bisa pake OpenOfis… trus iseng webdev, pake VIM …. musik.. ada mpg123 atau xmms. yang jadi masalah cuma game:… saya cuma bisa main Chromium, Racer(.nl), sama FreeCivs… Kebetulan PC XP tak taruh di Garasi… cuma untuk main: Sturmovik sama MOHAA… eh Josh.. kalo mau periksa ke rumah2.. mana tahan.. Sensus untuk Pemilu aja kacau… apalagi utk Windows… :D

emang SP2nya gak bisa dibajak juga ya? hehe.. btw.. soal gerebekan rumah oleh microsoft, menurut hukum Indonesia harus bekerja sama dengan polisi yang harus memiliki bukti awal adanya MSWindows bajakan di rumah itu..

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on June 8, 2004 5:55 AM.

Windows XP Bahasa Indonesia Diluncurkan Pekan Depan was the previous entry in this blog.

Gmail Memberi Kesempatan Mengundang Teman Lagi is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261