Bloglines Berulang Tahun Pertama

| No TrackBacks

Merayakan ulang tahun pertama, Bloglines, penyedia RSS lewat antarmuka Web, merombak tampilan dan menyediakan beberapa fasilitas baru. Karena berbasis Web, Bloglines dapat diakses dari manapun dan tidak bergantung platform. Saya sendiri memanfaatkan karena harus berpindah-pindah di antara Linux dan Windows XP. Kendati saya sudah memasang RSS Reader Panel untuk Firefox, menurut saya untuk keperluan melihat secara keseluruhan (overall view) struktur pohon yang disediakan Bloglines lebih enak, terutama karena dengan cepat terlihat blog yang memiliki entri baru — ditandai dengan huruf tebal.

Dibanding penyedia jasa RSS via Web lain, Kinja, keduanya memiliki gaya berbeda. Bloglines menurut saya lebih “tertib” karena bersandar pada gaya hirarkis, demikian juga desain tampilannya. Bagi pemakai Windows Explorer tentu tidak asing dengan dua panel dengan struktur pohon di sisi kiri dan keterangan di sisi kanan. Karena setiap blog disimpan terpisah, untuk melihat perubahan masing-masing perlu diklik di setiap entri blog. Hal ini berarti permintaan halaman Web lagi ke server mereka.

Sedangkan Kinja lebih fancy: tampilan entri “mengalir” dan pengelompokan secara hirarkis tidak menonjol — sekalipun tetap ada di bagian kategori. Semua blog yang dimasukkan oleh pemakai sebagai entri favorit ditampilkan berurutan seperti halnya sebuah karnaval meriah. Entri yang paling baru ditampilkan di halaman pertama. Dengan demikian secara keseluruhan langsung dapat terlihat semua entri yang baru. Sebaliknya, di Kinja menjadi repot apabila hendak dilihat entri baru hanya pada sebuah blog — katakanlah saya ingin tahu tulisan terakhir Jay, misalnya.

Seperti yang pernah saya tulis tentang struktur utama penyajian materi, kedua layanan di atas memang berbeda konsep. Masing-masing memiliki kemudahan pada sebuah sisi.

Selamat menikmati Bloglines.

[21:49] Penjelasan lengkap ulang tahun Bloglines dan antarmuka serta fasilitas baru ini tersedia di Bloglines News.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/182

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on July 7, 2004 4:49 PM.

Situs Kominfo Perlu Lebih Ramah kepada Pemakai Mozilla was the previous entry in this blog.

Goblogmedia Mulai Membenahi Tata Letak is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261