TinyURL Memendekkan URI

| 3 Comments | 1 TrackBack

Dari Andika Triwidada lewat arsip chat di irc.debian.org kanal #klub saya mendapat situs Web yang menyediakan layanan meringkas URI, TinyURL. Cara pemakaiannya sangat praktis, cukup isikan URI yang akan dibuatkan versi pendeknya, dan hasilnya tinggal digunakan, misalnya dengan disalin-tempel (copy paste). Sebagai contoh, URI panjang dari Detik.com berikut, http://www.detikinet.com/indexfr.php?url=http://www.detikinet.com/ index.php/detik.read/tahun/2004/bulan/07/tgl/22/time/15366/idnews/ 180163/idkanal/110 dipendekkan menjadi http://tinyurl.com/644pp. Dari 150 karakter menjadi hanya 24!

Sejauh ini dari beberapa contoh yang terlihat, karakter yang dipakai adalah angka dan huruf kecil. Dengan demikian di setiap digit terdapat 26 (huruf) + 10 (angka) = 36 karakter. Dengan pertumbuhan saat ini sebanyak 5 digit, berarti dapat mencapai 62.193.780 URI yang memanfaatkan layanan ini.

TinyURL praktis terutama untuk penulisan URI di email, yang biasanya terpotong oleh margin kanan karena terlalu panjang; atau pengiriman pesan singkat misalnya lewat pager, atau SMS. Sekalipun dapat juga situs Web menggunakan fasilitas ini untuk menulis URI situs lain, namun menurut saya tidak menghargai situs yang dituju tersebut sebagai rujukan, karena sudah tersembunyi oleh kode TinyURL. Resiko lainnya adalah terhadap mesin pencari yang akan gagal mendapatkan informasi relasi dua buah situs. Misalnya pencarian Who Links to You? akan terganggu dengan pemakaian TinyURL, karena taut dokumen yang mengacu ke sebuah situs tidak terlihat oleh Google.

Alat bantu praktis, dan gunakan sewajarnya.

1 TrackBack

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/192

Pemeriksaan terhadap kode pengalihan yang dihasilkan Siteous, layanan pemendek URL dalam negeri. Read More

3 Comments

saya pakai tinyurl kadang buat ngelink situs yang urlnya tidak standard compliant. mayan lah.

Menarik, sepertinya url yg ditranslate disimpan ke database, apa ada expiration datenya untuk tiap url yg disingkat?

Menurut penjelasan di halaman depan mereka, never expires.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on July 22, 2004 7:06 PM.

Penambahan Anggota oleh Moderator di Yahoo! Groups Harus Lewat Undangan was the previous entry in this blog.

Rezeki dari Nama Domain is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261