Rezeki dari Nama Domain

| 2 Comments | No TrackBacks

Di mana rezeki nomplok di Internet? Nama domain. Walaupun ini cerita usang, jika tersandung persoalan dan keberuntungan menimpa kita, siap-siap saja domain dibeli dengan harga jauh di atas kewajaran.

Demikianlah yang terjadi dengan nama domain lindows.com yang sempat disengketakan pemiliknya dan Microsoft. Linspire, perusahaan yang sebelumnya memiliki nama domain lindows.com, ingin mewujudkan sistem operasi berbasis Linux dengan antarmuka Windows, oleh karena itu dinamai Lindows. Namun nama ini dianggap memiliki kemiripan dengan Windows yang dijadikan merk dagang oleh Microsoft. Persoalan berlanjut ke pengadilan dan Lindows diminta mengubah namanya. Setelah nama produk diubah menjadi Linspire, nama domain lindows.com dibeli oleh Microsoft dengan nilai USD 20 juta. Informasi URI ini saya peroleh dari Thomas A Setiawan.

Cerita nama domain dengan Microsoft sebelumnya terjadi pada seorang remaja dari Kanada, Mike Row. Gara-gara dia menggunakan mikerowsoft.com, pihak Microsoft keberatan. Karena kasus ini tidak seserius Linspire, ganti rugi yang diberikan oleh Microsoft berupa penggantian biaya registrasi domain, subsidi untuk kursus sertifikasi Microsoft, langganan gratis di Microsoft Developer Network, kunjungan ke Microsoft Research Tech Fest, dan seperangkat XBox disertai sejumlah CD-nya.

Pada saat sengketa nama Lindows sedang berlangsung di pengadilan, saya mendapat keterangan dari salah satu majalah komputer di Belanda bahwa domain tersebut tidak diperbolehkan diakses dari dalam Belanda. Namun saya coba dengan koneksi Internet dari rumah di Groningen, Belanda, situs Web tersebut masih bisa dikunjungi.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/193

2 Comments

Whuaa.. Tampaknya menarik sekali. Pasang plang “JUAL NAMA DOMAIN”….

Apakah ada yang mau membeli domain saya? Nama domain CURANG.COM dijual!!!! Harga penawaran ‘cuma’ Rp. 987juta…!!!! tertarik? Mas Amal dapet komisi deh :)

Tunggu, sampai Curang.com dianggap mengusik nama Microsoft (atau pihak berduit lain) dan dimasukkan sebagai sengketa di pengadilan.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on July 23, 2004 7:40 PM.

TinyURL Memendekkan URI was the previous entry in this blog.

Kompetisi Antarvendor Open Source is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261