Perjuangan Kriwil Menunggu ADSL

| 2 Comments | No TrackBacks

Berminat dengan ADSL yang ditawarkan oleh Telkom Speedy? Kriwil Aldiantoro Nugroho menuliskan perjuangan dari mendaftar sampai dengan siap pakai di tempat tinggal dia di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Perlu waktu sekitar sepuluh bulan untuk mendapatkan koneksi tersebut dan jika dilihat dari paparan dia, lebih banyak karena faktor datang-janji-tunggu berulang-ulang.

Bagaimana dengan kota lain yang jauh dari ibukota? Daftar yang disediakan TelkomLink-DSL hanya menyebutkan daerah Jakarta dan sekitarnya. Pemain di daerah agaknya berjuang dengan cara masing-masing. Sebagai misal, hasil percakapan saya dengan Ndaru tentang Jogja Medianet yang beroperasi di Jogjakarta, disebutkan bahwa salah satu persoalan yang dihadapi adalah penyediaan infrastruktur. PJI harus memasang serat optik sendiri dan termasuk kelengkapan lainnya. Dapat dipastikan bahwa PJI tentu akan bermain hitung-hitungan sangat ketat terhadap keputusan instalasi di sebuah lokasi.

Bahkan saya sangka PJI dapat menggunakan kabel milik PT Telkom dalam bentuk kerja sama bisnis, ternyata tidak juga. Jika semua pihak harus menyelenggarakan sendiri semua perhelatan dari hulu sampai hilir, dapat dibayangkan betapa mahal ongkos akhirnya. Lebih sedih lagi: betapa tidak efisien.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/224

2 Comments

buat tambahan mal, nih ada curhatan orang yogya juga bisnis-mirip-m-atau-sco

waduh.. kasihan mas kriwil.. aku cuman sehari langsung on je :)

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on September 15, 2004 7:48 PM.

Tulisan Priyadi tentang Anne Menimbulkan Kegusaran was the previous entry in this blog.

Pawang Spam/Scam dan Tips Pemasaran Gratis is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261