Rencana Kedatangan Stallman Menjadi Agenda KPLI

| 2 Comments | No TrackBacks

Rusmanto, Pemimpin Redaksi majalah Infolinux, lewat mailing list Linux Aktivis, mengirim informasi kemungkinan kedatangan Richard M. Stallman ke Indonesia. Lewat email yang diperoleh dari Onno W. Purbo, kedatangan Stallman pada mulanya dimaksudkan untuk menghadiri konferensi GNU/Linux di Jakarta. Berhubung acara tersebut dibatalkan, maka kesempatan kedatangan Stallman di Indonesia ini ditawarkan menjadi acara komunitas.

Karena Stallman tidak meminta honor, biaya yang ditanggung adalah ongkos tiket pergi-pulang, akomodasi selama di Indonesia, dan biaya perjalanan di dalam negeri. Dari berawal ditanyakan kemungkinan biaya ditanggung oleh Ristek, beberapa peserta mailing list Linux Aktivis, yang umumnya anggota atau alumni KPLI, menyatakan antusiasme agar rencana ini dapat diwujudkan sebagai kegiatan komunitas. Malah sudah ada yang bersedia menjadi guide lokal, seperti Dicky Wahyu Purnomo yang menyatakan siap untuk acara di Bandung.

Yang menarik juga adalah cerita dari KPLI Jogjakarta: kedatangan Stallman dua tahun lalu murni diongkosi komunitas, sebesar kira-kira Rp 20 juta, dan menurut Lukito Edi Nugroho hasil lain yang positif dari jerih payah iuran tersebut adalah revitalisasi KPLI Jogjakarta.

Email terakhir dari Effendy Kho berisi tindak lanjut balasan terhadap tawaran menarik di atas.

[19 Sept] Effendy Kho lewat email yang dilayangkan ke mailing list Genetika dan Telematika (sayang arsip keduanya tidak dapat diakses publik) menyebutkan bahwa Richard M. Stallman bersedia mampir ke Indonesia pada tanggal 18 Oktober s.d. 2 November. Effendy juga mengajak peran komunitas untuk sedapat mungkin memanfaatkan kesempatan ini sehingga lebih banyak tempat yang dapat disinggahi, terutama di lingkungan universitas.

Antusiasme Stallman, yang menulis respon dalam Bahasa Indonesia, terlihat pada salinan email yang dikirimkan kepada Effendy.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/227

2 Comments

Betul mas Amal, bahkan kata Effendy Kho, RMS ingin sekali jalan-jalan ke Bali.. hehehehe dan rencananya sih route perjalanannya Jakarta - Bandung - Yogya - Semarang - Surabaya - Bali dalam kurun waktu tanggal 18 oktober - 2 november 2004.

Hehehe.. moga-moga jadi aja nih :)

ya udah nanti kalo ke bali suruh mampir rumah. hwahahahaha, kidding :p

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on September 18, 2004 8:49 AM.

Pengutipan Artikel dari Blog Lain was the previous entry in this blog.

Penertiban Warnet dan Citra Pemakaiannya is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261