1 April yang Meriah

| 5 Comments | No TrackBacks

April Mop (April Fool’s Day), yang berlangsung pada tanggal 1 April, kali ini “dirayakan” oleh beberapa situs blog di Indonesia lebih semarak dibanding periode sebelumnya. Kebersamaan di antara penulis blog — yang sudah terlatih semenjak acara Agustusan tahun lalu, respon terhadap peledakan bom di Jakarta, bencana alam tsunami, hingga ramai-ramai mengucapkan “kasih sayang” dan pernyataan keprihatinan. Sepertinya bentuk “kekeluargaan” bentukan baru ini cukup mengikat dengan basis idealisme penulis sebagai simpulnya.

Jika tahun lalu saya menyempatkan mengumpulkan hasil tangkapan gambar di layar monitor dari senarai beberapa situs yang melakukan acara jenaka ini, untuk tahun ini sudah dilakukan secara relawan oleh beberapa orang. Kebetulan juga situs-situs manca negara yang tahun lalu saya kunjungi pada tanggal 1 April, tahun ini idenya tidak seheboh tahun lalu. Tujuan utamanya memang tidak berubah: mengelabui pengunjung dengan informasi yang jauh berbeda dengan lazimnya. Bisa berupa perubahan pada tampilan situs Web atau materi yang disajikan.

Daftar peserta April Mop tahun 2005 ditulis oleh Andika Triwidada lewat salah satu email untuk id-gmail, sedangkan Mohammad DAMT melengkapi dengan hasil tangkapan tampilan di layar.

Berdasarkan pengamatan saya, * Untuk pertama kali komentar saya masuk daftar perlu dimoderasi di Priyadi’s Place, padahal di dalamnya tidak berisi Prozac, Viagra, atau nama lotere. Ternyata hari itu istimewa, semua komentar dimoderasi, dan dengan kondisi itu pun saya belum beruntung masuk dalam tiga belas komentar istimewa yang dimunculkan terlebih dulu. * Yulian F. Hendriyana, yang disebut pindah ke Debian, blognya tidak dapat diakses dari tempat saya pada saat pesta berlangsung. Demikian pula milik Eko Juniarto yang konon merelakan menjadi tempat kompetisi hacking. Entah kegagalan tersebut bagian dari acara atau memang gangguan teknis. * Ariya Hidayat secara tidak sengaja “terseret” ke dalam pesta ini karena artikel dia, Facelift, yang sedang dimuat di Planet KDE dan isinya ditukar dengan isi Planet Gnome. Saya sempat beranggapan artikel Ariya adalah gagasan April Mop paling intelek dan sulit dimengerti. * Pada tanggal 1 April Matthew Mullenweg dan Priyadi Iman Nurcahyo merupakan dua orang yang beruntung menangguk komentar dari pengunjung hingga di atas seratus untuk sebuah entri masing-masing. Keduanya pemakai WordPress. Kendati demikian, artikel yang ditulis Matt bukan dalam rangka April Mop. Apabila Matt meminta maaf terhadap eksperimen yang kemudian menjadi persoalan serius, Priyadi berterima kasih kepada salah satu penulis blog yang begitu serius menanggapi guyonan dia. Priyadi juga sudah “berdamai” dengan Matt dengan kembali memasang taut ke wordpress.org. * Gmail menaikkan ukuran kotak email menjadi 2 GB ditandai lewat pencacah JavaScript yang impresif di halaman depan. Masyarakat id-gmail mengalami euforia melihat angka kapasitas yang bergerak terus ini, sedangkan salah seorang teman di Düsseldorf, Jerman, menyebut: Google lari terbirit-birit dikejar Yahoo!

Jika masih penasaran akan daftar yang lebih lengkap, Boy Avianto menunjukkan ke saya halaman khusus tentang acara 1 April di Wikipedia.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/298

5 Comments

Walaupun dalam aksara arab tetap ditulis محمد tulisan latin untuk nama saya adalah Mohammad, bukan Muhammad :D

MDAMT: Terima kasih. Sudah diperbaiki.

Lho, kok saya jadi terlibat juga? Dan lagi, apanya yang intelek, wong patch-nya (untuk efek visual itu) cuman beberapa baris :-P

Duh gwe terlambat lagi

Ariya: saya sempat menyangka bahwa artikel Facelift itu adalah materi April Mop versi anda, sehingga inilah agaknya “plesetan” gaya April Mop paling sulit dimengerti karena berisi materi pengembangan KDE.

Baru setelah agak lama saya periksa lagi dengan seksama, ternyata artikel tersebut “terbawa” oleh perubahan isi antara Planet KDE dan Planet Gnome. Jadi yang melakukan acara April Mop adalah kedua “Planet” dan artikel Facellift ikut tertukar.

Selain itu, sekalipun patch hanya beberapa baris, tetap bukan menjadi halangan untuk disebut “intelek”. ;)

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on April 3, 2005 1:54 AM.

Undangan Yahoo! 360° was the previous entry in this blog.

Selayang Pandang Yahoo! 360° is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261