Sepekan mencoba Yahoo! 360°, saya memperoleh kesan-kesan bawah ini:
Tampilan inovatif namun belum benar-benar rapi
Saya menyukai pilihan Preview as seen by: pemilik halaman Yahoo! 360 dapat melihat tampilan halaman tersebut (My Page) jika dibaca oleh pengunjung yang berlainan relasinya. Tampilan testimonial dari teman juga menarik karena ungkapan disajikan di dalam balon percakapan (speech balloon). Pemakaian tata letak tiga kolom penuh dengan blok sudah bisa diprediksi karena Yahoo! memang sedang menyodorkan fasilitas baru 360° dalam satu tempat.
Kendati demikian, secara keseluruhan belum rapi — “ciri khas” Yahoo!. Lebih-lebih mereka sendiri baru beberapa hari yang lalu membenahi antarmuka untuk Yahoo! Groups — sehingga menjadi terlihat “lebih klimis” — halaman 360° terlihat masih “berantakan.” Pemakaian fonta sans-serif dan serif kurang serasi di beberapa blok dan artikel blog. Isi CSS yang luar biasa panjang itu dijadikan satu dengan halaman HTML.
Agaknya untuk mengakomodasi pemakai yang tidak memiliki akun di Yahoo!, disediakan Mailbox tersendiri untuk 360°. Alhasil, saya tetap perlu memeriksa email yang datang di Yahoo! Mail dan pesan yang datang di kotak pesan 360°.
Jaringan antarteman dan berbagi koleksi foto
Karena diluncurkan dengan cara mengundang teman lain, hal mencolok pertama yang terlihat: saya memiliki cukup banyak teman, lewat berbagai jalur. Pada hari pertama menggunakan 360°, saya sudah memiliki jumlah teman yang sama dengan yang saya peroleh di Friendster selama beberapa bulan. Apalagi bagi mereka yang lebih populer dibanding saya…
Daftar teman ini yang dikeluhkan oleh salah seorang yang saya
undang, Lha… semua teman kita dipajang toh.
Koleksi foto merupakan daya tarik tersendiri bagi sebagian teman yang baru ingin “kumpul-kumpul” di 360°. Daripada pusing memikirkan menulis untuk blog di sana, memasang koleksi foto di album atau profil pribadi lebih menarik. Saya juga sedang merencanakan menyalinkan sedikit koleksi tangkapan layar yang selama ini saya kumpulkan di Flickr ke album 360°.
Blog, blog, dan blog
Karena Yahoo! tidak sedang mengakuisisi sebuah layanan blog yang sudah berjalan seperti halnya yang dilakukan Google terhadap Blogger, saya tidak berharap terlalu banyak dengan blog. Kendati demikian saya tetap penasaran ingin mencoba.
Pada entri pertama, saya sudah terpaksa mengorbankan kebiasaan
menulis HTML yang
berusaha saya pegang teguh: kelengkapan tag HTML diacak-acak oleh
editor blog 360°! Saya yang memilih menulis langsung tag HTML
gagal memasang atribut title="..."
untuk tag
<a href="...">
. Bantuan berupa tombol
di atas editor tidak membantu melengkapi tag, malah menerjemahkan
opsi atribut di dalam tag dengan cara yang salah. Apalagi jika dikaitkan
dengan standar Web yang ramai diikuti di ranah penulis blog.
Permalink entri blog juga “mengerikan”. Walaupun halaman depan 360° saya dapat didatangi dengan taut permanen http://360.yahoo.com/ikhlasulamal, namun begitu masuk ke entri artikel, langsung diubah menjadi sekumpulan kode tidak-manusiawi, misalnya: http://blog.360.yahoo.com/blog-5a675nQ4cK4wjzc818aIXBx5okE-?p=34. Permalink 360° mirip dengan yang digunakan oleh Didats Triadi — kebetulan yang mengesankan.
Pemakaian <title>
juga masih diperbaiki, sehingga
untuk sementara hasil pencarian dari laman Web di
360°
seperti yang diperoleh untuk pencarian di situs Web media massa kita: judul yang
muncul di halaman hasil pencarian tidak membantu apa-apa. Saya agak
pesimis bahwa entri blog saya di 360° dapat dengan mudah
dijangkau pengunjung yang datang lewat mesin pencari, jadi boleh
dikatakan untuk jangka pendek ini tulisan di sana akan dikonsumsi
untuk teman sendiri.
Dilihat dari kelengkapan yang tidak tersedia untuk blog di 360°, semisal ping ke sejumlah layanan yang mengkhususkan pada pelacakan dan koneksi antarblog, lacak balik (trackback), navigasi yang relatif masih sulit, dan tidak adanya informasi berupa log dan statistik pengunjung, agak sulit layanan ini dijadikan tempat yang lebih serius atau profesional. Kemungkinan besar memang bukan ke arah itu rencana yang disusun mereka. Blog di 360° lebih untuk memuaskan peserta jaringan sosial yang dibangun Yahoo! dengan modal yang berupa jumlah pengguna Yahoo! yang luar biasa — 165 juta pengguna terdaftar.
Bagaimanapun, 360° masih versi Beta. Apakah akan dapat mengimbangi kualitas Blogger yang memang dibeli sebagai sebuah perusahaan oleh Google atau — tidak perlu jauh-jauh — Yahoo! Groups sendiri yang merupakan hasil pembelian Egroups. Perbandingan antara produk yang memang dari awal dikembangkan sendiri dan yang dilanjutkan dari hasil pembelian — yang biasanya sudah memiliki kelengkapan lebih baik.
Hanya satu alasan saya menekuni menulis di blog 360°: saya memiliki banyak kepentingan di Yahoo! — organizer, email, koleksi berita, sampai dengan moderator di beberapa mailing list. Hidup di antara sekian pernik yang disediakan Yahoo! rasanya terlalu indah dibiarkan lewat begitu saja.
haha… mirip yah… sebenarnya mau diganti… yang “lebih manusiawi”…
tapi…….. entar aja dulu deh…
:D
kalo saya sih ngeliatnya, kehadiran layanan2 seperti ini akan membuat blog benar2 tidak sekedar trend sesaat…:p
Seperti Mas Amal juga, saya tertarik mencoba Yahoo 360° karena menjadi moderator di milis dan pengguna YM!
saya baru mengira2, ternyata Mas Amal sudah bicara.. Maklum, cuma ngintip Y!360 istri.. enggak punya sendiri ^_^
Kaya’nya nanti Y!360° bakal menarik! itu saja yang mendorong saya kesana.