Raib Sepuluh Hari

| 4 Comments | No TrackBacks

Hanya selang satu-dua jam setelah saya mengucapkan selamat datang untuk Tiger, materi blog ini tidak dapat diakses dan muncul informasi bahwa akun saya ditahan (suspended) oleh tempat hosting. Tentu saja mengejutkan karena setahu saya ruang penyimpanan dan kapasitas lebar pita (bandwidth) yang terpakai masih dalam batas yang menjadi hak saya dan belum ada pemberitahuan sebelumnya bahwa #direktif bermasalah. Semua gagal diakses — termasuk empat buah subdomain dan akses ke CPanel serta FTP. Alhasil, kalaupun ada persoalan dengan halaman Web situs ini, tentu saya tidak dapat memperbaikinya.

Sempat saya duga fasilitas rebuild dengan modus proses background yang disediakan MT LaunchBackgroundTasks menjadi penyebabnya. Karena baru dua hari sebelumnya diaktifkan. Namun jika dilihat proses tersebut hanya sibuk apabila terdapat pengisian entri baru atau pengunjung berkomentar.

Setelah kontak lewat Yahoo! Messenger, email, dan terakhir kirim SMS kepada penyedia tempat hosting, saya memperoleh penjelasan bahwa akses ke situs ini diblok karena dianggap ada bagian yang mengganggu lalu lintas di tempat hosting. Kurang jelas bentuk gangguan ini: apakah pengunjung #direktif sudah dianggap cukup ramai untuk layanan hosting bersama? Menurut saya belum karena dibanding prestasi beberapa penulis blog terkemuka di Indonesia yang sudah menghabiskan lebih banyak lebar pita koneksi dan lebih ramai komentar (yang setidaknya mengindikasikan lebih banyak pengunjung), situs ini belum sampai taraf seperti itu.

Akhirnya materi #direktif dipindahkan. Lewat lobi dan jalur “persahabatan” saya dapatkan tempat yang lebih layak, diukur dari beban server. Proses pemindahan dilakukan dengan bantuan akun khusus reseller tempat hosting dan berikutnya, mengirim email administrasi pemberitahuan pindah NS ke ccTLD ID. Bagian ini perlu waktu karena sampai hari ini penggantian NS masih harus lewat prosedur manual. Sekaligus terpikir menggunakan “makelar” untuk NS agar dapat diubah secara otomatis, menghindari kirim email terlalu sering ke ccTLD ID. Benny Chandra mengusulkan ZoneEdit — kelihatannya menarik dipilih.

Situs Web gagal diakses selama sepuluh hari memang terlihat tidak profesional. Namun sering saya sedikit menghibur diri: bolehlah disebut gambaran kondisi Internet di Indonesia; dan yang jelas saya memang seorang penulis blog amatir.

Kabar lainnya, dalam beberapa hari mendatang kemungkinan besar saya akan sibuk dengan urusan lain yang kemungkinan mengurangi jam saya untuk menulis blog.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/307

4 Comments

pantesan kemaren kesini tertulis suspended

“bolehlah disebut gambaran kondisi Internet di Indonesia”

yayaya, ngeblok tanpa konfirmasi. kompor

Beberapa kali situs Web sohor di Indonesia gagal diakses dalam waktu yang “relatif lama” (tentu saja karena mereka lebih profesional, tidak sampai sepuluh hari). Yang pernah saya alami: Detik.com gagal diakses selama persidangan Akbar Tanjung tahun lalu, kemudian situs Web ITB down beberapa jam. Oleh karena itu jika dicari perbedaan kondisi Internet di Indonesia terhadap beberapa negara lain adalah dalam hal infrastruktur.

Inikah konfirmasi? ;)

kalo nanti ke indonesia, makan makan ya… :P

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on May 11, 2005 9:22 AM.

Selamat Datang "Tiger" was the previous entry in this blog.

Meyakinkan Pengirim Komentar Spam is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261