Halaman Web linux.or.id Hilang dari Google

| 1 Comment | No TrackBacks

Saya baru menyadari halaman Web linux.or.id dan semua subdomainnya hilang dari Google setelah membaca pertanyaan Arie Reynaldi Zanahar yang kemudian dijawab oleh Ronny Haryanto di mailing list Linux Aktivis. Ternyata Ronny sudah menuliskan perihal linux.or.id dan Google di awal bulan Agustus lalu. Karena penasaran, saya periksa di Technorati perihal “musibah” ini dengan kata kunci linux.or.id Google dan hasilnya adalah artikel Ronny tersebut dan satu lagi sempat disinggung oleh Willy Sudiarto Rahardjo.

Ada apa gerangan sehingga Google mengenyahkan halaman Web situs Komunitas Linux Indonesia yang saya tahu selama ini “baik-baik” dalam mengurus halaman Webnya? Ronny sendiri menyebut sejumlah dugaan, namun pada bulan Agustus lalu dia menjawab belum bisa meluangkan waktu untuk secara rinci mempelajari arahan yang diberikan Google. Selain itu, jika misalnya penyebab masalah ini berasal dari salah satu subdomain linux.or.id, tentu puyeng juga jika diserahkan kepada dia seorang diri untuk memeriksa satu per satu. Sebaiknya penanggung jawab setiap subdomain membantu meyakinkan Ronny bahwa situs-situs mereka bebas dari masalah yang kemungkinan dianggap mengganjal oleh Google. Ini apabila hasil pencarian dari Google dihitung berpengaruh terhadap kedatangan pengunjung ke situs Komunitas Linux Indonesia tadi. A9 yang menggunakan hasil pengumpulan dari Google juga terpengaruh oleh persoalan ini (hasil tangkapan layar, 91 kB).

Saya periksa di halaman Web Google yang berkaitan dengan komplain atas hasil pencarian mereka dan informasi yang disebut di Google Groups, google.public.support.general, belum membantu. Ada beberapa persolan hilangnya URL situs Web dari Google pada awal bulan Oktober ini, namun saya amati beberapa berkaitan dengan hilang temporer yang terjadi berbarengan dengan pengolahan rutin hasil robot pencari Google. Untuk Komunitas Linux Indonesia ini cukup janggal menurut saya, karena berlangsung lama dan situs tersebut sangat populer dirujuk oleh banyak situs Web lain.

Untuk memastikan kondisi yang sedang terjadi paling mudah memang melayangkan email ke layanan konsumen Google.

Jika memang sedang terdapat persoalan di Google dan Yahoo! “baik-baik saja” terhadap linux.or.id ini, Jeremy Zawodny tentu akan lebih lantang lagi bersorak — lebih dari sekadar, Mereka (Google —penulis) berusaha sedikit demi sedikit menyerupai Yahoo setiap hari.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/362

1 Comment

http://www.pandia.com/features/banned.html

Mungkin bisa membantu menjawab ………

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on October 6, 2005 12:07 PM.

Identifikasi Bahasa untuk Membantu Peringkat di Mesin Pencari was the previous entry in this blog.

"Berbagi Donasi" untuk Kepedulian Sosial is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261