Identifikasi Bahasa untuk Membantu Peringkat di Mesin Pencari

| 8 Comments | No TrackBacks

Pembicaraan tentang peringkat di hasil pencarian Google sudah bukan barang baru. Untuk melengkapi penjelasan-penjelasan yang kemungkinan besar sudah Anda baca, pagi ini saya jumpai contoh dari salah taut yang ditulis oleh Yulian F. Hendriyana (benar, Jay paling sohor di negeri kita!).

Di artikel Windows Vista Fonts, terdapat taut http://www.google.co.id/search?q=vista+fonts+download dan untuk hasil pencarian pagi ini, setengah bulan setelah tulisan tersebut dipublikasikan, entri dari Jay tersebut ada peringkat atas untuk google.co.id.

Halaman depan google.co.id untuk "windows vista fonts"

Hasil pencarian windows vista fonts di Google Bahasa Indonesia (google.co.id). Klik gambar di atas untuk hasil tangkapan layar utuh.

Sedangkan di google.com hasil pencarian tersebut berbeda: artikel yang ditulis Jay menempati urutan kedelapan, seperti terlihat di hasil tangkapan tampilan di layar berkut.

Halaman depan google.com  untuk "windows vista fonts"

Hasil pencarian windows vista fonts di Google Bahasa Inggris (google.com). Klik gambar di atas untuk hasil tangkapan layar utuh.

Jika diperiksa, penyebab penting perbedaan di atas adalah identifikasi xml:lang secara eksplisit di kode sumber XHTML, yakni

<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml" xml:lang="id">

xml:lang, seperti disebutkan di dokumen XML, merupakan identifikasi bahasa yang digunakan oleh dokumen dan dari teladan di atas dapat dilihat pengaruhnya pada peringkat Google. Untuk mesin pencari lain saya belum memeriksa karena Jay sudah mengarahkan ke Google lewat taut yang disediakan. Sudah barang tentu “resep rahasia” yang digunakan oleh mesin pencari juga menentukan dan hal tersebut di luar kendali kita.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/361

8 Comments

tapi bagaimana ya kalau dalam satu posting menggunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris campur selang seling

ada artikel baru dan recommended ttg apa yang mempengaruhi rangking mesin pencari disini: http://www.seomoz.org/articles/search-ranking-factors.php

jadi rancu, saya ngasih link keyword pencarian dan sekarang hasil link pencarian tersebut balik ke blog saya di urutan pertama.

haha, orang yang mencari file vista fonts bisa tersesat karena urutan pertama tidak me-mirror file tersebut.

tapi blog lain banyak yang menyediakan sih…

wah hebat juga yah blogger 2 indonesia, kalo gw cuman bisa liatan sambil nyengir blog2 orang apa gw masih gob-blog yah he… he… ada yang mau ngeritik bolg gwe di mygerisugiranas.blogspot.com tapi jangan ngetawain yah he.. he …

#1: menurut saya, pilih satu bahasa yang dijadikan “bahasa utama” dan bahasa kedua adalah pelengkapnya. Hal ini berlaku umum di semua karya tulis.

jadi bagaimana intinya om, indonesia pertama ato indo II

Ya terserah penulis: dia mau menulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (atau lainnya) sebagai bahasa utama situs Webnya. Bahasa utama ini yang dijadikan acuan penulisan dan mayoritas menempati bagian dalam penulisan. Bahasa yang lain sekadar melengkapi.

Sungguh sangat jelek penyedia layanan jaringan internet di Indonesia sering sekali terjadi disconnect boleh di bilang hampir setiap hari padahal pembayaran tetap berjalan para pengusaha warnet berteriak nyaring. yaah inilah Indonesia negeri kita tercinta Right or wrong is my country. Begitulah pakde,bude,wak,ncang,ncing,nyak, babe, tulang, puang,mas semuanya.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on October 5, 2005 10:36 AM.

"Pesan Jibril" yang Meragukan was the previous entry in this blog.

Halaman Web linux.or.id Hilang dari Google is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261