Gmail for Your Domain

| 7 Comments | No TrackBacks

Gmail for your domain, untuk apa?

Kalau hanya dipakai buat satu-dua alamat email bernama domain sendiri, Gmail sudah menyediakan pengiriman email dengan nama domain berbeda (lebih tepat lagi: email dengan nama domain selain gmail.com) di halaman Settings mereka. Tinggal lakukan koordinasi dengan tempat registrasi domain — biasanya lewat panel kendali di sana — dan antarmuka Web Gmail dapat ditambahi penanganan untuk nama domain tersebut. Untuk domain ID perlu trik tambahan: registrasi lama di IDNIC hanya mengurus setting DNS, sehingga perlu dibelokkan terlebih dulu ke layanan pengelolaan nama domain — ZoneEdit yang gratis misalnya — dan baru forwarding email dilakukan di panel ZoneEdit. Saya belum tahu dengan fasilitas registrasi nama domain ID yang saat ini dikelola oleh Departemen Kominfo.

Saya coba mendaftar Gmail for your domain, namun kelihatannya permintaan jumlah akun yang saya sodorkan — yakni hanya dua alamat email — dianggap tidak layak diloloskan untuk layanan tersebut. Organisasi atau forum yang memerlukan alamat email dalam jumlah banyak seharusnya lebih cocok.

Keuntungan yang dapat diperoleh:

  1. Urusan email ditangani oleh Gmail yang terbukti andal. Anda tidak perlu mencari tempat hosting yang memiliki server email berkualitas.
  2. Penghematan ruang penyimpanan di tempat hosting. Terutama bagi Anda yang membeli nama domain untuk keperluan pembuatan situs Web, ruang penyimpanan di tempat hosting biasanya termasuk untuk penyimpanan email. Dengan “memindahkan” arsip email ke Gmail, akan lebih bisa dihemat pemakaian ruang penyimpanan di tempat hosting. Sekalian, untuk gambar yang berukuran besar, tempatkan saja mereka di Flickr.
  3. Pemilik email dapat menggunakan lebih dari satu alamat email di satu tempat, Web Gmail. Tentu saja diperlukan kecermatan setiap hendak berkorespondensi agar akun yang sesuai yang digunakan. Soalnya sudah terbukti: satu alamat email di Gmail untuk banyak mailing list saja sudah menyesatkan banyak pemakainya, sehingga muncul email berhuruf kapital penuh di tempat publik padahal maksud pengirimnya adalah untuk mailing list lain.

Yang perlu diperhatikan dengan memindahkan email organisasi ke Gmail:

  1. Kendali organisasi terhadap mekanisme email menjadi berkurang. Pengarsipan dan pembuatan cadangan (backup) misalnya, sudah dilakukan Gmail. Contoh sederhana: saya sering menyajikan ulir diskusi mailing list untuk lingkungan terbatas dalam bentuk kumpulan halaman Web, menggunakan MHonArc. Proses ini dapat dengan mudah dilakukan dari arsip berformat Maildir di komputer lokal yang saya gunakan untuk Mutt. Jika ditangani oleh Webmail seperti Gmail, tentu sulit pekerjaan ini dilakukan.
  2. Gmail di Amerika Serikat: semua aturan tentang email dan penyimpanannya tunduk pada UU yang berlaku di sana. Untuk keperluan tertentu yang kemungkinan dapat menimbulkan friksi dengan regulasi yang dipakai Gmail, jangan ambil resiko. Di mailing list ProNet pernah ada pertanyaan eksplisit dari pengelola sebuah situs Web tentang tempat hosting yang benar-benar meletakkan servernya di luar negara Amerika Serikat dengan ilustrasi situs Web tentang biro perjalanan dari Kanada ke Kuba.
  3. Ketergantungan terhadap Internet lebih tinggi. Hanya untuk berkirim email dengan tempat satu gedung, email harus dikirim ke tempat yang jauh dan demikian pula saat hendak dibaca. Lebih fatal lagi, koneksi Internet di negara kita masih mahal dan kualitasnya rendah: jika koneksi sedang terputus atau akses ke manca negara gagal, runyamlah urusan email organisasi.

Gmail tetap menyediakan fasilitas istimewa untuk layanan email mereka. Selamat mencoba.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/401

7 Comments

tidak fokus Pak De, apakah padanan “email” bisa diganti menjadi “surat elektronik”?

antarmuka Web Gmail dapat ditambahi penanganan untuk nama domain tersebut

di sebelah mana?

Bang Iang, sila akses di halaman Setting (63 kB) dan Compose (44 kB).

#3 Itu bukannya ngubah sender aja ya? Kirain yg dg domain sendiri sudah bisa :D

Saya perbaiki paragraf kedua di atas, semoga lebih jelas, karena sebelumnya terdapat pengulangan frase yang dapat menyebabkan sulit dimengerti.

Betul, memang “hanya” mengubah identitas pengirim dan di lingkungan Webmail sangat sedikit yang membolehkan pemakai “semaunya” ganti-ganti identitas pengirim. ;)

Iya, apalagi sekarang gmail ada fitur “smart replying”

Bagaimana supaya dapat Gmail for your domain ya? Belum disetujui2 nih :(

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on February 23, 2006 6:30 AM.

Logo-logo Komunitas Blog di Forum Blog Awards 2006 was the previous entry in this blog.

"Amar Ma'ruf Nahi Munkar" is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261