Google Apps untuk Berkantor di Ranah Maya

| 6 Comments | 2 TrackBacks

Berbeda dengan Yahoo! yang kendati konservatif namun malah lebih condong menggunakan pendekatan personal dalam menggaet pemakai layanan, Google yang lebih liberal malah sedang membidik pemakai kolektif dengan basis bisnis layanan. Mereka tidak sibuk dengan jargon “small business hosting” misalnya, melainkan menyediakan manajemen dokumen untuk pekerjaan kolaboratif, obrolan, email untuk organisasi, penjadwalan lewat almanak bersama, dan halaman Web “dinamis” berbasis koleksi widget. Perca-perca yang selama ini disediakan untuk pemakai personal sudah mulai terlihat sebagai gabungan mozaik.

Jika Yahoo! memoles indah layanan yang sebelumnya sudah pernah terpikirkan oleh pemakai — misalnya karena model tersebut sudah muncul di situs Web lain, Google selalu menyodorkan keingintahuan kepada pemakai terobosan baru terhadap “cara memandang” sebuah layanan.

Ini bukan pujian brutal terhadap Google. Coba perhatikan pola baru yang senantiasa disuguhkan. Antarmuka dan kapasitas kotak email di Gmail, kalender dinamis yang dapat menjelma sebagai jadwal kegiatan komunitas atau publik, Google Reader yang lebih fleksibel dibanding Bloglines, kolaborasi dokumen yang merealisasikan keinginan visioner Java tahunan yang lalu (sekaligus membuka mata bahwa JavaScript justru lebih liat dan bertahan hidup dibanding aplet Java), hingga Google Groups yang tidak cukup sekadar arsip milis, melainkan menjadi semi-forum bersaing dengan barisan papan buletin semacam phpBB. Ya, saya menunggu atraksi mereka di atas JotSpot, layanan Wiki yang telah dibeli Google.

Ringkasnya: Google menyediakan beragam jenis layanan yang memungkinkan pemakainya cukup bermodal ketekunan untuk menjadi bintang. Sangat sedikit deskripsi spesifikasi kapasitas penyimpanan atau lebarpita koneksi sekian gigabita per bulan. Yang disodorkan adalah layanan atau skala kelompok yang ditangani.

Jika Anda ingin “berkantor” di Web, coba fasilitas yang disediakan Google Apps. Dengan empat pangsa pemakai yang dituju, yakni bisnis berskala kecil, besar (enterprise), sekolah, dan paguyuban, calon pemakai dapat menyesuaikan keperluannya. Icip-icip edisi Premier juga disediakan gratis hingga tanggal 30 April kelak, setelah itu terkena ongkos USD 50 per tahun.

Saya sedang mencoba layanan tersebut dan modal yang telah saya keluarkan adalah pembelian nama domain untuk satu tahun dan pengelolaan DNS, total Rp 103.000,- Untuk urusan ini saya dibantu oleh Rendy Maulana di QWords yang saya puji tetap memperhatikan konsumen kendati sang juragan sedang apel Sabtu malam.

Proses eksperimen ini baru berjalan sebagian dan bagian yang sudah terlihat perlu perhatian tambahan adalah manajemen DNS. Faktor lainnya adalah setiap perubahan DNS perlu waktu yang cukup untuk propagasi ke server DNS, sehingga seringkali perlu proses perlu ditunda sekitar setengah hari misalnya.

Saya akan menuliskannya jika sudah lengkap nanti dan barangkali dapat dijadikan pertimbangan sejauh mana kelayakan “berkantor di ranah maya.” Atau jika ingin lebih bombastis: berkantor di Googleplex.

2 TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/530

Sebel karena dalam sebulan ini blog saya down beberapa kali, akhirnya saya mencoba mencari alternatif hosting yang lebih baik. Membaca artikel mas Amal dan artikel Personal Branding-nya Rendy, saya mencoba mempelajari pilihan yang tersedia pada penyedia l Read More

[Repost, posting ini memiliki relasi dengan posting lain namun hilang tanpa jejak ditengah kegelapan jiwa . Saya kembalikan berikut saalh keitk-nya agar posting lain bisa tetap memiliki relasi]Sebel karena dalam sebulan ini blog saya down beberapa kali, a Read More

6 Comments

saya juga udah pake, tapi kenapa gagal terus ya untuk rubah default address untuk misalnya start page, padahal cname udah dirubah juga :(

hehehe baca judulnya aku kira Ranah Minang wakakaka.. rindu balek kampuang nan jauh dimato, di google :D

google apps? google spreadsheets dan google docs? tampak sangat inovatif… tapi tampak memberatkan untuk para fakir benwit™ :D

cheers.

hebat euy rendi.. :D

I am very impressed how you can build webpages!

I really enjoyed this page. I will be linking and I will be trying to read and research all that there is to offer from this site! Would you please also visit my homepage?

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 13, 2007 9:28 AM.

Bandar Togel dan Jagat Riuh was the previous entry in this blog.

Ucapan Salam di Pesan Spam is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261