Wiki "Weling" Sekarang Menggunakan python.or.id

| 1 Comment | No TrackBacks

Hasil diskusi di milis id-python tentang “menghidupkan kembali” python.or.id akhirnya mengarahkan nama domain tersebut ke wiki Weling yang selama ini saya sediakan sebagai bagian dari #direktif. Steven Haryanto, pemegang nama domain, telah mengubah rekaman NS ke tempat hosting yang saya gunakan dan isi weling.direktif.web.id sudah dipindah ke subdirektori baru. Aturan redireksi halaman Web, kode 301, dipasang pula.

Pada awalnya saya berpendapat Weling sebagai wiki diletakkan sebagai subdomain situs Web Python Indonesia, namun agaknya belum terlihat kandidat pengelola halaman utama dan kemungkikan malah menambah kerepotan baru. Seperti pernah saya jelaskan pada saat membicarakan komunitas bahasa pemrograman Delphi, keadaan di lingkungan Python Indonesia lebih tenang karena jumlah anggota yang lebih sedikit. Oleh karena itu, diskusi tentang perubahan ini cukup saya lakukan dengan beberapa orang yang selama ini terlihat aktif.

Dari sisi nama domain, pemindahan ini akan menjadikan materi Weling menjadi “lebih netral” dan lebih formal di bawah Python Indonesia, sedangkan dari sisi kontribusi… tetap perlu bahan tambahan. (Ayo, semangat!)

Kabar lainnya: Steven juga memegang nama domain zope.or.id. Dia menawari saya kemungkinan untuk sekalian diaktifkan, namun tidak dapat saya tindak lanjuti. Pertama, saya belum pernah menggunakan Zope dan belum punya rencana bergerak ke arah sana; kedua, kira-kira apakah “pantas” Zope ditempatkan di server Apache seperti di tempat hosting saya? Apakah kelompok fundamentalis tidak menganggapnya sebagai “melanggar kemurnian” Zope? Apabila ada yang bersedia mengelola dan memahami kondisi tempat hosting di atas, saya bersedia membantu menguruskan tempat dan menghubungi Steven.

Salah satu keinginan kecil saya dengan #direktif dan sumber daya di sekitarnya adalah membantu komunitas pemakai bahasa pemrograman, kendati dengan tegas saya sebut pada beberapa kali obrolan bahwa saya bukan pemrogram sejati.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/526

1 Comment

Oh yes …. semoga sekarang bisa jadi aktif nih … walaupun masih pemula di python …. mohon suhu2 memberi ilmu nya bagi kami murid

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 2, 2007 7:35 AM.

Si "Ekor Panjang" was the previous entry in this blog.

Persoalan Keamanan di WordPress 2.1.1 is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261