Google Gears dan Kemungkinan Pengembangan Aplikasi Serupa

| 1 Comment | No TrackBacks

Google Gears untuk membantu Google Reader agar dapat digunakan dalam moda tak-terhubung dengan Internet tersedia kemarin. Google Reader adalah pembaca sindikasi berita dan selama ini — seperti halnya aplikasi berbasis Web lain — diangap memiliki “kelemahan” hanya dapat digunakan pada saat aplikasi terhubung ke server lewat koneksi Internet. Sebagai alternatif lain, pembaca sindikasi berita menggunakan aplikasi desktop yang menyimpan informasi di komputer lokal. Kekurangan alternatif kedua ini adalah konsistensi dengan sumber sindikasi. Jika pemakai tidak mengaktifkan aplikasi pada selang waktu tertentu, besar kemungkinan pada pembacaan berikutnya banyak entri sindikasi sebelumnya yang terlewat.

Gears mengatasi persoalan tersebut: basisdata utama dan pengumpul sindikasi tetap berada di server Google, sedangkan di komputer klien disediakan modul yang melakukan sinkronisasi dan menyimpannya lokal. Pada rilis pengembangan saat ini, dua ribu entri terakhir yang disinkronisasi. Terpasang sebagai ekstensi perambah, untuk Firefox dipasangkan basisdata berbasis berkas, yaitu SQLite. Untuk keperluan akses di komputer lokal, SQLite dianggap “lebih pantas” menggantikan Berkley DB. Movable Type juga menyarankan SQLite, demikian juga konfigurasi alat bantu pengembangan sudah disimpan dengan SQLite.

Seberapa cepat proses sinkronisasi Gears? Saya coba dengan koneksi 64 kbps pada jam kerja, sangat lama untuk 2000 entri. Barangkali memang lebih rendah dari angka 64 itu sendiri, namun saya bayangkan akan terlalu lama untuk koneksi lewat jalur telepon (dial up).

Lebih dari sekadar produk jadi Gears, Google juga menyediakan panduan untuk pengembang lewat API yang terbuka. Di Google Gears API Developer’s Guide tersedia penjelasan lengkap tentang Gears, hingga contoh aplikasi dan forum untuk pengembang. Dari pengalaman saya mendengar hitung-hitungan “untung rugi” pengembangan aplikasi web atau desktop, sangat mungkin terobosan Gears ini dapat menjembatani kedua kubu ekstrem tersebut.

Tentu ada risiko: pemakai komputer harus terus dididik dalam menghadapi permintaan instalasi modul aplikasi yang muncul di atas perambah. Dengan model Gears yang semakin menuntut kewenangan penggunaan sumber daya lokal kita, sama artinya dengan tambah membuka pintu keamanan komputer lokal kita.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/556

1 Comment

vwpq zuplto jamsbltz yngfvqzt fjgsmd uslt ruacizlm

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on June 1, 2007 11:31 AM.

Masih Adakah Harapan untuk BlogPedia? was the previous entry in this blog.

Belajar dari Musibah di Zooomr: Ajakan Berinvestasi is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261