Belajar dari Musibah di Zooomr: Ajakan Berinvestasi

| 1 Comment | No TrackBacks

Tulisan ini tentang rehat dan sedikit berangan-angan: tentang musibah yang menimpa Zooomr dan ajakan Robert Scoble.

Musibah yang menimpa Zooomr sudah dibicarakan semenjak 31 Mei lalu di FlickrCentral dan saya amati sempat membawa-bawa “kelakuan” Thomas Hawk yang dianggap melakukan promosi Zooomr di kandang lawan. Kedua diskusi di atas panjang, sedikit melelahkan, namun bagus karena disajikan dengan penuh sindiran, seloroh, dan argumen-kejutan. Sila dibaca sendiri jika berminat dengan salah satu babak kompetisi Flickr dan Zooomr.

Yang membuat saya tercenung sedikit adalah ajakan Scoble kepada para pemain besar akan kemungkinan “membantu” menyelamatkan Zooomr. Ini tentu sudah lazim di dunia bisnis dalam konteks investasi dan menarik sebagai teladan di lingkungan yang kian terbuka, terlihat lebih transparan. Termasuk ambisi Hawk sendiri menjadikan Zooomr memasuki pasar stok fotografi senilai 2,5 milyar dolar.

Tiga tahun lebih silam, saya pernah “berlagak” seperti yang dilakukan Scoble sekarang: dengan mencari-cari alasan yang mengarah pada sentimen kebangsaan, kesulitan yang menimpa Doneeh.com saya angkat. Dipasang di dua blog hingga Mohammad Syafiuddin terkekeh setelah menyadari penulis keduanya sama.

Tentu saja saya bukan Scoble — saat itu saya baru menulis blog sekitar tujuh bulan. Kalaupun tindakan tersebut diulang lagi saat ini, terus terang saya belum yakin iklim investasi kita sudah menggairahkan untuk diajak-ajak. Indonesia lho dan ini urusan fulus.

Itu saja: siapa tahu dapat dijadikan bahan perenungan andaikata misalnya terdapat musibah (dan sekaligus tantangan) seperti yang dialami Zooomr atau Doneeh.com.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/557

1 Comment

hah.. pantesan selalu dalam versi beta terus ! marketingnya sudah luas ..tapi kurang realisasinya ..

less talk..more action ! comeon..sebelum aku daftar jadi member pro di Flickr kayak pak Amal :D

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on June 2, 2007 6:12 AM.

Google Gears dan Kemungkinan Pengembangan Aplikasi Serupa was the previous entry in this blog.

MT Menjadi "Open Source" is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261