Pemakaian Foto di Flickr oleh One Comm

| 10 Comments | No TrackBacks

Sepekan sebelum lebaran kali ini, ada “THR” istimewa: One Comm, salah satu perusahaan periklanan di Jakarta, menghubungi saya. Perwakilan mereka menanyakan kemungkinan pemakaian salah satu foto saya di Flickr untuk keperluan iklan komersial.

Kesempatan ini merupakan pengalaman pertama saya bersinggungan dengan pemakaian komersial hasil foto yang dipasang di Flickr. Saya bukan fotografer dan seperti pengalaman saya di dunia publikasi tulisan, akhirnya saya lebih nyaman menyebut diri sendiri sebagai photoblogger, tukang blog foto. (Tentu ini klaim pribadi, jika ternyata tak tepat dengan definisi, mohon dikoreksi.)

Bedug - Nurul Hadi

Sebelum One Comm, saya pernah dimintai izin pemakaian foto saya untuk pengajian muslim di Amerika Serikat dan salah satu konsultan di Bappenas. Keduanya menggunakan foto-foto tersebut untuk edaran (newsletter) mereka dan karena media tersebut berlisensi terbuka, pemakaian foto tersebut masih sesuai dengan lisensi Creative Commons Share-Alike yang saya pasang.

"Bedug" on BCA Website

Ketentuan Share-Alike tersebut saya jelaskan kepada One Comm dan karena mereka menggunakan foto saya untuk keperluan komersial, transaksi dilakukan. Berdasarkan keterangan yang saya peroleh dari Enda Nasution — sebagai teman yang bekerja di bidang periklanan — bagian penting yang perlu saya perhatikan adalah: pemakaian model di dalam foto, lama pemakaian foto, dan eksklusivitas. Foto yang dipilih One Comm tidak mengandung model foto, durasi yang digunakan untuk foto adalah untuk satu keperluan di hari raya Idul Fitri kali ini, dan foto tersebut tidak dipakai secara eksklusif.

Yang menarik bagi saya: One Comm sudah memulai “berburu” foto di Flickr. Ini kisah baru di negeri kita, pada saat hiruk-pikuk partisipasi khalayak mulai masuk ke wilayah yang dipertimbangkan oleh pelaku bisnis. Setelah penulis blog dibesarkan dari ribuan bazar situs yang merekah, akan sampai pada fotografi amatir yang marak oleh teknologi foto digital dan galeri penuh waktu dan murah meriah.

Menurut pihak One Comm saya merupakan pemakai Flickr kedua yang mereka pilih kerja sama. Budi Sukmana, teman blog foto yang antusias berbagi ilmu fotografi lewat Google Talk, mengusulkan agar saya menulis tip pengalaman ini. Saya pikir tidak ada yang istimewa, justru menurut saya lebih baik kita menyarankan agar lebih banyak lagi pihak yang mulai melirik kemungkinan “membesarkan” amatir, dengan tujuan lebih banyak kisah dapat diekspos.

Saya pernah mengikuti layanan penyedia stok foto yang bermarkas di Inggris. Mereka hanya meminta pemasok foto menyediakan tag khusus di Flickr dan seleksi akan dilakukan berdasar foto dengan tag tersebut. Namun pada akhirnya saya merasa kriteria mereka sulit diikuti: foto yang masuk hitungan mereka berisi momen yang sangat istimewa, semisal foto publik selebritas kelas dunia atau peristiwa besar yang penting. Saya jauh dari dunia tersebut dan — seperti halnya blog — memotret adalah pekerjaan bersenang-senang yang saya kerjakan sembarang waktu dan tempat.

Secara teknis kamera digital saya hanya berkapasitas 2 mpex ditambah kamera-telepon seluler 1,3 mpex, tentu sulit menerobos kriteria foto indah untuk cetakan berukuran besar atau berkualitas tinggi. Budi Sukmana juga yang menunjukkan contoh-contoh hasil fotografi dari Jepang yang diambil dengan kamera “seadanya”, namun tetap indah dan membawa perasaan si pemotret.

Akan halnya lisensi untuk foto-foto saya di Flickr, saya sempat mempertimbangkan tambahan larangan pemakaian komersial secara langsung (Share-Alike No Commercial), namun setelah saya pikirkan untuk saat ini, tetap akan digunakan Share-Alike. Dengan demikian tetap dapat dipakai untuk menghasilkan keuntungan komersial bagi orang lain, sepanjang tetap mengikuti ketentuan Share-Alike.

Lepas dari urusan komersial dan lisensi di atas, dua hal yang saya nikmati dengan aktivitas blog adalah memainkan jari di atas papan ketik dan memijit tombol kamera.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/580

10 Comments

wah dapet brp duwet cak :)

dapet dana kompensasi gak Om Amal??

*sambil malu² *

wah, om amal ceritanya mo ngajak makan makan yak? asyiiik….

:D

selamat ya Mal… coba kalau ditambahi sedikit soal pricing, bisa lebih informatif lagi… tapi, masuk rahasia dapur ya…? :)

Wah, siap2 beli kamera baru ini… :D

Wah makan2 nih tandanya, ato beli kamera 7 mp, selamat2, tapi kalo berkenan di share dong brp kira2 dapetnya dg patokannya bang Enda, siapa tahu bisa buat kerjaan serius….

waduh dapet THR mas ?? eh.. minal aidin wal fa idin, mohon maap lahir dan batin

OOT: datang ke acara Pesta Blogger 2007, Mal? Aku dapat undangan, lagi cari teman nie buat datang… :)

gambar bedugnya diambil pake kamera apa mas? terus yg retouch dari pihak medianya ya? lumayan banget buat THR :D

penjualan foto yang seperti ini, lebih sesuai dengan prosedur jual beli foto premium yang berlaku di gettyimages/ corbis… ada jangka waktu, ada jumlah pemakaian foto, dll… banyak aturan mainnya…

Sementara untuk dunia jual beli foto, ada 1 jenis lagi… yaitu microstock, seperti fotolia/ istockphoto…

Kabar baiknya… saya nemuin situs fotografi asli buatan indonesia yang sudah bisa mengakomodir jual beli foto online… beneran ONLINE… mulai dari upload foto, jual foto online, beli kredit online dan unduh barangnya pun online.

belum di launching… tapi denger2 sih akhir tahun ini pasti di release…. wong udah ada previewnya… bukan prototype lagi… tapi udah beta version… Untuk lihat tampilan beta version… bisa lihat disini: http://www.ayofoto.com/blog/38/368/preview-ayofoto-com-4-0/ (tapi butuh login)

Untuk promo dari fitur tadi, ada disini: http://www.ayofoto.com/forum/29/3254/discount-up-to-50-basic-pro-account-only-on-july-2009/

Sedang digarap payment gatewaynya… kalau engga credit card dan/atau paypal.. dan menggunakan bank lokal (bca & bni).

Semoga info tadi berguna bagi temen2….. jeprat-jepretnya sekarang udah bisa berguna buat jadi penghasilan tambahan..

Upload sekali, tinggal tidur…. jualannya jalan terus… :)

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on October 16, 2007 4:42 PM.

Hari Aksi Blog 2007 -- Isu Lingkungan was the previous entry in this blog.

"Ya, Saya Akan Datang di Pesta Blogger" is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261