Respon terhadap Tulisan Layanan Indosat M2

| 10 Comments | No TrackBacks

Pengguna Indosat M2 (IM2) dengan identitas danubuntu01 membawa tulisan saya tentang layanan koneksi Indosat M2 ke forum Indosat dengan topik, Akses IM2 Saat Travelling ke Kota Lain. Karena forum tersebut tertutup hanya dapat diakses oleh pelanggan IM2, saya kutipkan bagian penting dari diskusi tersebut untuk tulisan ini, sekaligus melengkapi penjelasan tentang IM2.

Pihak Indosat, diwakili oleh M. Ariefandhy, merespon dengan sigap sebagai berikut,

Secara prinsip USIM IM2 3.5G dapat digunakan diseluruh Indonesia. Sehingga pelanggan 3.5G IM2 yang berlangganan di Jakarta tetap dapat menggunakan layanan 3.5G IM2 di kota2 lain seperti di Surabaya, Bandung, Medan, Denpasar dan kota-kota lainnya yang sudah ada layanan 3.5G INDOSAT. Tidak perlu administrasi khusus atau penggantian USIM/kartu.

Hanya saja yang sering menjadi kendala adalah luasan cakupan dari layanan 3.5 G itu sendiri di setiap kota berbeda-beda. Akan tetapi kendala ini masih bisa diatasi dengan menggunakan layanan EDGE atau paling tidak GPRS. Sehingga sepanjang modem pelanggan masih menerima sinyal MATRIX, maka dapat dipastikan pelanggan masih dapat menggunakan akses internet IM2. Hanya saja speed atau bandwidth yang dirasakan akan menurun sesuai dengan platform sinyal yang didapat (HSDPA/3.5G: up to 3,6 Mbps; EDGE: Up to 384 kbps dan GPRS: up to 56 kbps).

Tips sederhana agar modem pelanggan bisa menerima sinyal EDGE / GPRS pada saat roaming adalah: dengan mengubah settingan network / service pada 3G Prefered. Karena bila diset pada 3G Only, maka modem tidak akan bisa menerima sinyal GPRS atau EDGE.

Apabila pelanggan masih mengalami kesulitan, maka bisa menghubungi layanan customer service di Nomor: 0-800-1-900-900 atau datang ke Gallery / Walk In Center IM2 setempat untuk mendapatkan support.

Keterangan di atas sekaligus menjadi koreksi terhadap penjelasan yang saya fahami dari staf dukungan teknis Indosat lewat layanan 0-800 mereka seperti ditulis di artikel sebelum ini.

Untuk mempertegas, saya layangkan pertanyaan saya ke forum,

Yang jadi masalah (dan saya persoalkan di tulisan di #direktif) adalah: bagaimana di tempat-tempat yang memang tidak dicakup oleh 3.5G atau IM2?

Soalnya jika mengandalkan cakupan 3.5G/IM2, terbatas sekali; dan sayang untuk daerah cakupan Indosat secara keseluruhan yang jauh lebih luas.

Soalnya di Jember, Jawa Timur, misalnya: Matrix oke (ditunjukkan oleh staf di Galeri Indosat), tapi IM2 gagal autentikasi, baik di modus 3G only atau 3G preferred. Galeri Indosat di sana juga tidak banyak tahu tentang IM2 karena memang layanan tersebut belum sampai ke sana.

Atau sekarang sudah berubah? Mohon konfirmasi.

Tiga hari kemudian, salah seorang pengguna IM2 yang mendaftar di Jakarta, beridentitas Oktapris melaporkan pemakaiannya dari Malang, Jawa Timur,

Saya salah seorang pelanggan IM2 3.5G, pendaftaran di Jakarta. Saat ini saya berada di kota Malang. Entah apakah cakupan Indosat 3.5G/IM2 mencapai Malang, tapi rasa2nya tidak. Saat ini saya masih bisa menggunakan IM2 dengan cukup lancar meskipun cuma mendapat sinyal EDGE Indosat. Yang jelas, sampai sekarang, saya tidak melakukan administrasi khusus untuk bisa menggunakan IM2 di Malang seperti sebagaimana biasanya di Jakarta.

Saya pikir IM2 pada dasarnya sudah dapat dipergunakan secara nasional. Tetapi mungkin saja, pada kartu yang digunakan Pak Amal ada parameter2 provisioning yang terlewati atau salah setting di perangkat jaringan. Mungkin Pak Amal perlu lebih keras menggetok pihak IM2.

Catatan: saya tidak punya afiliasi dengan Indosat selain hanya sebagai pelanggan IM2.

Catatan dari saya: pengalaman Oktapris di atas juga ditulis sebagai komentar di blog ini.

Dengan demikian untuk sementara ini terdapat kemungkinan kegagalan koneksi Indosat M2 yang saya alami di Jember disebabkan oleh konfigurasi di laptop saya yang perlu diperbaiki atau memang terdapat perubahan pada layanan Indosat M2.

Saya masih ingin mencoba lagi menggunakan IM2 di daerah yang memiliki layanan Matrix namun tidak termasuk cakupan IM2. Uji coba ini dapat dilakukan misalnya di Daerah Tingkat II di sekitar Bandung.

Untuk semua pihak yang telah merespon pengalaman saya, terima kasih banyak saya ucapkan.

[16 Okt] Percobaan akses Indosat M2 di Karawang, Jawa Barat, berhasil. Sinyal yang diperoleh GPRS karena memang bukan dalam jangkauan 3G. Dengan demikian sesuai dengan pengalaman Oktapris di Malang, Jawa Timur.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/576

10 Comments

akhirnya stlh ganti sim card, koneksi im2 saya di yogya-dps lancar… http://daniweblog.blogspot.com/2007/10/akhirnya-ganti-sim-card-im2.html

Saya awam tapi tertarik. Saya memiliki modem HSDPA/3G Sierra Aircard 875U, dapatkah modem tersebut diguamakn untuk layanan indosat 3.5G? Apakah modem 3g dapat menerima sinyal 3.5G? Makasih banyak.

Saya belum pernah mencoba modem selain yang disediakan Indosat M2 (Huawei E220). Menurut saya tidak ada perbedaan 3.5G dengan 3G — penambahan “.5” lebih pada trik pemasaran Indosat.

Pada Dasarnya semua modem, asal kesupport untuk teknologi umts/ hsdpa. paling jangan di lock aja ma providernya.. keren juga sih teknologi 3,5 G gw coba di semua type OS oke,k dari Macos, Linux, win xp ampe vista ajep abis….

saya beli perdana indosatm2 pada waktu mau registrasi mengalami kesulitan tolong gimana saya sudah coba berkali-kali tapi masih ada masalah intrnal error trim.s

Sya cuma mau kasih saran untuk indosat terutama layanan Broom nya agar di perhatikan koneksinya apalagi di pagi hari yg suka Disconected terus. Apabila terjadi Maintenance mohon di kabarkan kepada para Usernya agar mereka dapat mengantisipasi dan mengerti akan Masalah ini (Disconected). Maju Terus Indosat M2

kenapa indosat m2 skr lemot banget kebanyakan untung kenapa gak di perbaiki? apa kepengen pelanggan pada pindah ke lain profider ya………ada solusi…….?ya tetep cari solusi internet cepat , kita dah bayar mahal lemot untuk apa……..PEMBOROSAN 100%…..memalaskan…..!

aqu dah masuk di mozila fire fox tapi di sana ada tulisan aktifasi nah q dah ikutin caranya tapi ada tulisan nomor ini sudah pernah di aktifkan gmna caranya

saya pemakai indosat broom extra. pada awal beli downloadspeednya menyentuh 30kbps. namun akir” ini semakinlamban saja. dan parahnya lagi sekarang hanya 3,3kbps..!!!

jika pelayanannya semakin menurun, tak ada guna bertahan di provider ini. boros.

sy ada prasaan mnyesal topup di bln ini,ga sperti bln2 sbelumnya,parahnya lg conectsi jd sangat lamban dan untk browser pun susah dan sring disconnet…

sy sdh mnedatangi counter indosat m2 untk mnanyakan masalah ini tp hasilnya sama saja!! sangat mngecewakan…

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on October 12, 2007 6:08 AM.

AsianBrain di "Penulis Lepas" -- Klub "Lazy Millionaire"? was the previous entry in this blog.

Lalu Lintas Koneksi Jelang Lebaran is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261