Perbaiki Penulisan Informasi "Mailing List"

| No TrackBacks

Di Indonesia mailing list (selanjutnya disebut milis) sudah digunakan sejak tahun 1995, 15 tahun lalu, dan E-Group — yang kemudian diakuisisi Yahoo! menjadi Yahoo! Groups — menjadi situs marak di tahun 1998. Sejak itu, mailing list kian populer dan lebih mudah diadministrasi lewat antarmuka berbasis Web. Kendati demikian, hingga hari ini masih saja terbaca salah kaprah penulisan informasi tentang milis.

Bedakan alamat email dengan alamat situs Web

Beberapa kali saya jumpai informasi seperti berikut,

Kunjungi kami di contoh@yahoogroups.com.

Yahoo! Groups memang memiliki antarmuka Web, namun penulisan di atas untuk alamat email, yang berarti untuk berkorespondensi, bukan dikunjungi layaknya URI situs Web.

Ganti dengan pesan yang lebih jelas, yaitu alamat email valid dalam bentuk korespondensi email, misal,

Kirimi kami email di contoh@yahoo.co.id.

Catatan: bukan yahoogroups.com lagi karena alamat pengiriman email di milis tidak dapat dikirimi pesan begitu saja, lihat pembahasan berikutnya.

Bagaimana jika memang hendak diarahkan ke halaman Web milis?

Gunakan URI layanan milis tersebut, seperti,

Kunjungi milis kami di http://groups.yahoo.com/group/contoh.

Tidak semua milis memiliki halaman Web yang dapat dikunjungi, periksa terlebih dulu.

Jelaskan cara bergabung di milis dengan benar

Walaupun terdapat milis yang bebas dikirimi email oleh siapapun pengguna Internet (tanpa harus berlangganan), jenis tersebut berkurang drastis dan sangat tidak dianjurkan saat ini. Prosedur umum di milis:

  1. berlangganan, bergabung menjadi anggota milis
  2. mengirim pesan ke milis dan menerima pesan dari milis

Cara untuk bergabung menjadi anggota milis bervariasi. Yang penting pastikan informasi untuk bergabung diletakkan lebih awal sebelum cara mengirim pesan ke milis, sesuai urutan di atas.

Yahoo Groups, penyedia layanan milis terpopuler, menggunakan akhiran -subscribe untuk berlangganan dan cukup nama milis untuk mengirim pesan setelah ybs. diterima sebagai anggota milis. Dengan demikian, informasi milis contoh di atas,

  1. untuk berlangganan, kirim email kosong ke contoh-subscribe@yahoogroups.com
  2. setelah terdaftar, kirim pesan untuk milis ke contoh@yahoogroups.com

Beberapa kali saya amati, penulisan informasi terbalik: mengasumsikan alamat pengiriman pesan milis tersebut siap dikirimi siapapun. Padahal secara umum pesan dapat dikirim ke milis hanya oleh anggota.

Malah sebaiknya alamat kontak jangan langsung diarahkan ke milis, lebih nyaman ke alamat email informasi, info@contoh.com misalnya.

Pemakaian “@” lainnya

Tanda baca “@” meluas digunakan dalam beberapa konteks:

  1. penyebutan lokasi: @ Bandung. Disisipi spasi untuk membedakan dengan kegunaan lain di bawah ini
  2. penyebutan identitas di jejaring sosial, dikenalkan Twitter: @ikhlasulamal sebagai contoh
  3. pemakaian untuk membalas pesan seseorang secara khusus di forum, untuk membedakan dengan respon secara umum

Di Wikipedia ditulis lebih lengkap ihwal @.

Dengan beberapa pertimbangan seperti di atas, tulislah informasi tentang cara berkorespondensi di dunia maya dengan benar.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/631

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 15, 2010 10:40 PM.

Instant Client dari Oracle was the previous entry in this blog.

Gresnews: Pengumpul Berita dengan Pendekatan Semantik is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261