Instant Client dari Oracle

| No TrackBacks

Pengembang aplikasi desktop kami lebih suka menggunakan basisdata Firebird dan memilih jenis embedded untuk aplikasi selama proses pembangunan. Aplikasi yang ditulis di atas Borland Delphi tersebut nantinya akan berjalan menggunakan basisdata Oracle. Tugas saya mengganti koneksi dari Firebird ke Oracle dan aplikasi sudah mengantisipasi perubahan tersebut dengan meletakkan setelan koneksi ke basisdata di berkas konfigurasi.

Berikut catatan pengalaman saya melakukan perubahan koneksi basisdata tersebut.

Pada mulanya, saya tengarai perubahan tersebut cukup dengan memindahkan dua berkas pengendali Oracle yang diperlukan, dbxora.dll dan oci.dll, ke subdirektori di bawah aplikasi. Sebagaimana yang disediakan untuk Firebird. Ternyata kurang, dan kami memaklumi sebagai, “Beginilah perlakuan untuk kelas enterprise…”

Instalasi modul klien dari CD Oracle 9i (sesuai spesifikasi di tempat klien) tidak berjalan baik di Windows 7: terputus di aplikasi instalasi berbasis Java yang disediakan. Instalasi terputus begitu saja dan proses interupsi tidak membersihkan berkas-berkas yang sudah dibuatkan. Entah, apakah registry Windows sempat terkena polusi instalasi.

Saran dari klien pengguna Oracle tsb.: gunakan saja instalasi Oracle versi lebih tinggi atau gunakan Instant Client. Benarlah! Instant Client memudahkan penyiapan klien Oracle. Termasuk berkas oci.dll mereka yang lebih baru saya timpakan ke lokasi instalasi aplikasi desktop tadi dan aplikasi lancar dijalankan.

Untuk aplikasi desktop masih ada persoalan antara tipe data String dan WideString yang digunakan aplikasi dan yang disediakan Oracle. Aplikasi Web di atas PHP berjalan dengan baik, dengan model pembukaan koneksi, sbb.

Lihat dalam bentuk teks berikut jika skrip di atas tidak ditampilkan dengan baik.

Dengan demikian untuk selanjutnya saya akan mencoba koneksi dari beberapa modul bahasa pemrograman lewat Instant Client.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/630

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 13, 2010 10:35 AM.

Korupsi yang Memprihatinkan was the previous entry in this blog.

Perbaiki Penulisan Informasi "Mailing List" is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261