Flickr::Upload untuk Pemasangan Foto ke Flickr

| No TrackBacks

Jika ada cara untuk mengunggah foto di Flickr dengan “menitipkan” di server, sepertinya menarik:

  • Senarai foto yang akan diunggah ke Flickr dapat dipersiapkan dengan cara tertentu, lebih fleksibel dibanding melakukannya secara visual lewat antarmuka web.
  • Pengunggahan dilakukan lewat konsol, dijalankan sebagai proses “latarbelakang” (background process). Cocok untuk mendukung pemasangan foto dalam jumlah banyak di Flickr.

Dengan keragaman dan kekayaan CPAN seharusnya akses ke Flickr tersedia di lumbung. Flickr::Upload jawaban untuk itu. Setelah pustaka tersebut terpasang, langkah berikutnya adalah meminta kode akses dari Flickr.

Awali dari The App Garden yang berisi semua informasi Flickr berkaitan API yang mereka sediakan. Entri API Keys diperlukan untuk memperoleh kunci akses. Syarat awal: memiliki akun di Flickr. Dari tautan API Keys di atas, akses akan dialihkan ke halaman lebih spesifik sesuai akun kita.

Berikutnya, ikuti persyaratan perolehan akses API yang dibedakan untuk non-komersial dan komersial. Flickr meminta keterangan yang harus diisi dengan penjelasan rencana aplikasi kita. Semula saya pikir perlu waktu untuk penilaian kelayakan akses API tersebut, ternyata untuk keperluan non-komersial, informasi di formulir tsb. berikutnya dipakai untuk penjelasan aplikasi yang dikembangkan.

Sepasang kunci dan sandi langsung ditampilkan di halaman web dan ini digunakan untuk keperluan Flickr::Upload. Secara terpisah diperlukan otorisasi akses dan saya belum mendapatkan cara melakukannya langsung lewat web di Flickr. Artikel di IBM developer Work, Cultured Perl: Flickr, a business’s bst frnd, menyediakan skrip untuk mendapatkan tautan otorisasi, disebut $auth_token di sana.

Luaran yang dihasilkan skrip di atas berupa URL dan buka lewat peramban untuk memberi kewenangan ke aplikasi yang kita buat.

Saya coba untuk satu foto dengan skrip sederhana: berhasil,

atau gunakan tautan ini jika peramban Anda tidak mendukung JavaScript.

Catatan: Flickr::Upload juga menyediakan versi “lebih matang” dengan perintah baris flickr_upload bersama instalasi. Rujuk dokumentasi mereka untuk informasi lebih rinci.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/647

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on May 17, 2010 5:27 AM.

Menikmati CPAN di Ubuntu was the previous entry in this blog.

Mari Kita Berselancar Hari Ini is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261