Informasi Berbasis Geolokasi di Flickr

| 4 Comments | No TrackBacks

Informasi tambahan berbasis geolokasi (geolocation based) saat ini mulai ditambahkan di layanan-layanan web. Dengan kemudahan fasilitas peta yang disediakan oleh tiga besar Google, Microsoft, dan Yahoo!, penyediaan informasi geolokasi dibantu lewat navigasi visual atau masukan koordinat lokasi.

Manfaat pemakaian informasi geolokasi terlihat di Flickr misalnya. Pertama, untuk pengunjung foto, sebelum bertanya lewat kotak komentar tentang lokasi foto, periksa di kolom sebelah kanan, bagian Additional Information. Informasi lokasi disajikan dengan awalan Taken in jika memang dilengkapi oleh pemilik foto.

Additional Informations

Nama lokasi yang disediakan Flickr terkadang janggal: sebagai contoh, Bandara Husain Sastranegara (nama bandar udara di Bandung, Jawa Barat) terlalu luas hingga daerah dekat Jalan Setiabudi, yang tidak cocok dengan penggunaan sehari-hari di lapangan. Untuk memperoleh lokasi yang lebih tepat, klik saja tautan yang disediakan. Peta tempat pengambilan foto akan disajikan.

Bagi pemotret, penyediaan informasi lokasi akan memudahkan Flickr mendapat informasi foto-foto di sebuah kawasan. Hasilnya, di halaman Places, pemotret yang aktif di lokasi tersebut ditampilkan di bagian Featured Photographers. Hal ini akan memudahkan pencarian fotografer di sebuah daerah, pun sebaliknya dapat dijadikan promosi oleh yang bersangkutan. Contoh untuk Bandung:

Featured Photographers

Panoramio dari Google lebih jauh lagi dalam hal mengaitkan foto dengan geolokasi. Layanan peta dari Google lebih populer dan ini terbantu dengan foto-foto dari Panoramio. Saya bukan pengguna aktif di Panoramio sekarang ini, jadi belum dapat menyediakan informasi kekhasan penggunaan informasi geolokasi di sana. Yang jelas, tampaknya menarik!

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/651

4 Comments

Jika 2009 adalah tahun untuk internet musafir. Maka 2010 adalah tahun untuk layanan aplikasi berbasis lokasi.

2011? Realitas tertambah?

Iya nih, data lokasi di Flickr ini memang kadang presisi-nya lumayan kurang bagus ya. Saya pernah tuliskan ini juga.

Tapi, kalau melihat kerjasama terbaru mereka dengan Nokia, sepertinya boleh dong kita berharap untuk adanya perbaikan dari fitur ini di Flickr. :D

Kalau sedikit tulisan saya tentang ini di: http://bit.ly/9Lg4We

iya, saya udah lama pake geotag di flickr, kalo ga salah kita bisa ngusulin lokasi yang lebih tepat - walaupun belum tentu bisa lebih benar :D

“Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim’s :)”

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on May 31, 2010 1:49 AM.

Pelajaran dari Koprol Bergabung dengan Yahoo! was the previous entry in this blog.

Kelengkapan is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261