Penghargaan untuk Dua Situs Web Buatan Warga Indonesia

| No TrackBacks

Wicaksono Hidayat, reporter Detik.com, menulis tentang prestasi yang diraih Ilmukomputer, yakni Continental Best Practices dalam kategori e-learning yang diberikan oleh WSA. Termasuk di antara 21 produk percontohan, Ilmukomputer terpilih sebagai situs Web yang akan ditampilkan pada puncak acara WSA pada tanggal 9 s.d. 13 Desember 2003 di Jenewa.

Sebelumnya, WSA memilih Orisinal, situs Web kreatif hasil kerja tekun Ferry Halim, warga negara Indonesia yang tinggal di Fresno, California, sebagai salah satu peraih lima produk terbaik dalam kategori e-entertainment. Orisinal sudah menjadi situs Web berkelas dunia dengan meraih juga penghargaan Webby Award yang bergengsi untuk kategori Games. Disebut oleh Farhad Manjoo dalam reportase di Wired bahwa Halim, 28 tahun, tidak memerlukan Flash versi terakhir, namun tetap menciptakan lusinan permainan (game). Boleh jadi inilah permainan video yang paling menyebabkan kecanduan dan paling sederhana di dunia, lanjut paparan di Wired, mengingat pada saat tulisan tersebut dibuat, 8 Maret 2003, Orisinal telah didatangi 30.000 pengunjung setiap hari dan para penikmat itu ada yang bermain sampai 3 jam.

Baik Ilmukomputer maupun Orisinal merupakan situs non-komersial yang bukan hanya tidak berusaha meraup keuntungan langsung dari pengunjungnya, bahkan sangat hati-hati terhadap banner iklan. Ilmukomputer merupakan situs swadaya warga Internet di Indonesia karena materi yang dipasang di dalamnya — sangat banyak jumlahnya dan bervariasi topiknya — merupakan kontribusi penulis TI yang bervariasi latar belakangnya dan disediakan cuma-cuma. Kontribusi selain itu berupa donasi dan infrastruktur, misalnya tempat hosting. Ucapan terima kasih kepada donatur tersedia halaman donasi dan beberapa logo kecil di halaman pembuka.

Sedangkan Orisinal, sebagai representasi karya pribadi pembuatnya, lebih “bersih” lagi. Halaman-halaman di dalamnya hanya dipenuhi ikon permainan dan disusun secara lembut dan artistik. Halim juga menyebut bahwa dia belum ingin mengomersialkan situsnya antara lain karena dia tidak menyukai banner iklan yang dianggap olehnya mengganggu. Lebih jauh, yang ingin disuguhkan adalah orisinalitas dan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung situsnya.

Berita yang menggembirakan untuk usaha yang bermodalkan ketekunan dan orisinalitas gagasan. Selamat dan sukses.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/95

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on November 21, 2003 6:34 AM.

Potongan Harga untuk Lembaga Akademis was the previous entry in this blog.

Registrasi Domain ID is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261