80GB Setiap Bulan

| 1 Comment | No TrackBacks

Majalah komputer Belanda, Computer Totaal, edisi cetak untuk bulan April 2004 ini mengangkat tema utama abonemen ADSL dan modem kabel untuk pemakai rumah. Selain perbandingan komprehensif untuk pengguna di Belanda, terdapat sebuah reportase menarik: siapa yang menjadi Top Downloader di Belanda? Bukan perlombaan resmi memang, hanya menampilkan tiga pelanggan yang diambil dari tiga PJI dan doyan mengunduh (download).

Ketiganya mengaku setiap bulan menyedot materi dari Internet sekitar 80GB setiap orang. Modal koneksi yang digunakan umumnya berkecepatan 2Mbps dan hard disk berukuran 200-an GB. Seperti lazimnya mereka yang mengambil materi dari Internet dalam ukuran besar, hampir semua berkas yang diambil berupa film, lagu, atau game. Menjawab pertanyaan Computer Totaal tentang kemungkinan besar berkas yang diambil bersifat ilegal, salah seorang mengomentari balik, Oke, memang ilegal. Berapa banyak orang di Belanda yang melakukan itu?

Tempat yang sedang ramai dikunjungi untuk pengambilan berkas multimedia dalam ukuran besar (dan umumnya ilegal) saat ini beralih dari Kazaa ke newsgroup Usenet. Salah satunya yang populer di Belanda adalah alt.binaries.nl. Pemakaian Kazaa sendiri legal di Belanda, namun kemudahan yang ditawarkan server publik newsgroup — yang sebenarnya lebih tua dibanding Kazaa — saat ini lebih menarik pengambil berkas multimedia di Internet.

Membayangkan ukuran pengambilan 80GB per bulan, yang berarti 2GB lebih setiap hari, memang fantastis untuk pemakai Internet di Indonesia. Seorang teman yang bekerja di kawasan bisnis Soedirman, Jakarta, pernah bercerita dia melakukan download di waktu malam, saat tidak ada aktivitas kantor. Selain agar tidak berebut dengan pemakaian Internet rutin oleh karyawan, kecepatan transfer yang tersedia memang rendah, sehingga perlu waktu lama. Padahal yang diambil “hanya” Service Pack Windows XP.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/124

1 Comment

huikkkk andai port kazaa ndak ditutup dan andai punya koneksi private 2Mb …

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 25, 2004 3:32 PM.

Versi Online Jangan Ikut Libur was the previous entry in this blog.

Mailing List Membuat Dunia Tambah Sempit is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261