Fasilitas Pembaca RSS di Mozilla dan Opera

| No TrackBacks

Opera 7.5 sudah tersedia, dan saya unduh (download) versi GNU/Linux. Segera yang terlihat impresif: tempat iklan di atas dapat diubah bentuknya menjadi memanjang, sehingga tingginya dikurangi dan dapat menghemat ruang untuk halaman Web. “Gangguan” bagi pemakai Opera versi cuma-cuma memang pada iklan yang menempati ruang atas tersebut. Sedangkan untuk pengembang aplikasi WAP, fasilitas Small Screen yang tersedia untuk mensimulasikan tampilan WAP merupakan nilai lebih. Bagi saya ada “sedikit mainan”: memilih AdWords Google di bagian atas dan mencoba melihat konteks yang terkait dengan situs Web yang saya baca. Misalnya Techvolution milik Syafiuddin di halaman muka berkorelasi dengan pembaca RSS dan di halaman About Me ditampilkan iklan tentang grafik dan animasi. Sekali lagi, hanya “main-main”…

Ah ya, yang benar-benar baru dan saya nantikan: pembaca RSS. Di Opera sudah tersedia digabungkan dengan Mail dan Newsgroup. Saya ingin membaca RSS dari aplikasi klien sebagai alternatif terhadap versi Web, Bloglines dan Kinja, yang saya pakai selama ini. Format yang didukung oleh Newsfeed di Opera adalah RSS — pemakai Atom, tahan nafas!

Setelah mencoba pembaca RSS yang tersedia di Opera, saya merasa perlu mencari informasi lagi tentang dukungan RSS di keluarga Mozilla. Aplikasi yang ditulis dengan XUL dan menambah ekstensibilitas Mozilla tersedia untuk banyak keperluan dan RSS Reader Panel versi 1.7 sudah mendukung Atom. Bahkan saya bandingkan dengan Aggreg8 yang saya pasang di Mozilla 1.6 versi XP, RSS Reader Panel lebih kecil dan pengoperasiannya lebih enak. Saat ini RSS Reader Panel tersedia untuk Mozilla Firefox dan Firebird.

Tinggal impor daftar RSS dari Bloglines dengan format OPML dan siap baca pratilik Weblog di Firefox. Sayang Newsfeed Opera versi Linux belum menyediakan cara untuk impor OPML.

Bagaimana dengan IE? No, thanks!

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/153

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on May 18, 2004 9:41 AM.

Euforia Google was the previous entry in this blog.

Bagaimana Kabar Animasi Interaktif Anti-Narkoba? is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261