Sembilan Doktrin dari Channel 9 MSDN

| 1 Comment | No TrackBacks

Selain Longhorn yang ditunda-tunda, dan barangkali ditunggu-tunggu, apa yang menarik dari Microsoft akhir-akhir ini?

Menurut Scobble, musim chatting sedang berlangsung di Microsoft. Kelihatannya pula, kode-kode kaku yang ditulis di Knowledge Base mereka mulai diganti dengan percakapan yang ramah — bukan lagi bahasa tim pemasaran, melainkan sapaan hangat dari tim pengembang.

Tidak lupa, legenda Channel 9 sudah dimulai, dengan sembilan doktrin yang diangkat:

  1. Channel 9 seluruhnya tentang percakapan. Channel 9 sepatutnya menjadi inspirasi bagi Microsoft dan pelanggan kami untuk bercakap dengan jujur dan menggunakan suara manusia. Channel 9 bukan alat pemasaran, bukan alat Humas, bukan sebuah alat yang terdepan.
  2. Bersikap sebagai manusia. Channel 9 adalah tempat bagi kami untuk menjadi diri kami sendiri, berbagi tentang kami, dan tempat belajar kami tentang pelanggan.
  3. Belajar dari mendengar. Pada saat pelanggan berbicara, dengarkan mereka. Jangan menjadi defensif, jangan berdalih hanya untuk argumentasi. Dengarkan dan masukkan yang bermanfaat bagi dirimu ke dalam hati.
  4. Bersikap cerdas. Pikirkan sebelum kamu berbicara, terdapat beberapa percakapan yang tidak bermanfaat kecuali mempertegas stereotip atau menghasilkan situasi yang negatif.
  5. Pemasaran tidak punya tempat di Channel 9. Jika kami mengeluarkan uang untuk Channel 9 tujuannya adalah untuk memberi kejutan dan kegembiraan, bukan menyampaikan promosi atau mengkhotbahi.
  6. Jangan mengguncang sistem. Perubahan terakhir hanya terjadi pada masa pertumbuhan bayi.
  7. Tahu saatnya mematikan mik. Beberapa topik hanya akan menghasilkan persoalan jika kamu diskusikan. Hal ini tidak ada kaitannya dengan penyensoran, namun berhubungan dengan kenyataan dari sistem yang ada di dunia kita saat ini. Kamu tidak akan mengubah apapun lewat jalan legal atau finansial, kamu hanya akan menggoncang sistem, menakut-nakuti penumpang, dan menciptakan situasi negatif.
  8. Jangan bersikap kurang ajar. Tidak seorang pun menyukai orang dengan perangai buruk.
  9. Ikuti pembicaraan. Jangan berhenti mendengar hanya karena kamu sibuk. Jangan berhenti berpartisipasi karena kamu tidak setuju dengan seseorang. Hubungan tidak dibangun dalam sehari, ikutilah dalam waktu lama dan kita semua akan memetik hasilnya sebagai sebuah industri.

Doktrin yang menarik dari Channel 9. Jika dari Microsoft yang berbicara dengan ungkapan lebih jernih di atas adalah tim pengembang dan orang-orang yang mondar-mandir di Litbang, akankah harapan di atas sampai pada pemakai akhir pada umumnyacommon-ordinary-end-user?

Sedangkan apabila anda termasuk pencari informasi dari Knowledge Base Microsoft dan akrab dengan kode Q di sana, sebagian Q ternyata berisi hal-hal yang lebih jenaka dibanding lainnya.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/188

1 Comment

microsoft juga mengembangkan ICT loh, di indonesia, rupanya vendor software ini sedang menyebarkan spydernya kemana mana, sukses deh

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on July 15, 2004 11:16 AM.

Google Groups 2 Benar-benar Masih Beta was the previous entry in this blog.

Publikasi TI Perusahaan di Media Massa: Tidak Mudah Juga is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261