Gmail dengan Tambahan Fasilitas Baru

| 2 Comments | No TrackBacks

Fasilitas baru dan sejumlah perbaikan lagi di Gmail. Yang pertama terlihat adalah tempat teks untuk mengundang teman, Invite 6 friends to Gmail, yang semula di blok kiri di bawah menu, kemudian dinaikkan di atas senarai email, sekarang diturunkan ke tempat lama lagi. Tulisan New Features! mencolok di menu utama atas, satu blok dengan Settings dan Help. Tadi siang saya klik New Features! tersebut dan masih berisi keterangan singkat agar menunggu fasilitas baru mereka.

Di bagian menu kiri, tanpa perlu ditunggu, sudah terlihat ContactsNew!, dan benarlah: daftar alamat yang dulu hanya berupa jendela pop-up, sekarang sudah diintegrasikan dengan tampilan utama Gmail, lengkap dengan tambahan form untuk alamat, nomor telepon, dan atribut buku alamat lainnya. Form tersebut disusun berkelompok, misalnya untuk rumah, kantor, dan alternatif lainnya, dan dapat ditambahi sesuai keperluan. Apakah Contacts yang disediakan Gmail akan mampu menyaingi Yahoo! Address Book yang lebih dulu dan lebih lengkap fasilitasnya?

Sore ini saya coba jenguk lagi ke halaman New Features! dan informasi fasilitas baru sudah tersedia.

  1. Gmail Notifier, yang akan memberitahu apabila terdapat email baru masuk ke kotak surat. Barangkali bermanfaat, namun kurang berarti bagi saya yang lebih banyak menggunakan Linux, karena utilitas ini berjalan di atas keluarga Microsoft Windows.
  2. Pencarian di dalam daftar alamat. Dua hal yang wajar: buku alamat barangkali berisi ratusan entri dan bendera utama Google adalah pencarian.
  3. Forwarding. Benar, email yang masuk sekarang dapat diteruskan ke alamat email lain secara otomatis, yang berarti klien email favorit non-Web anda dapat digunakan dan bebas Sponsored Links di bagian kanan.
  4. Ah, yang ditunggu-tunggu: simpan pesan yang masih berupa draft. Beberapa kali saya harus terburu-buru mengetik email dan mengirimkannya berhubung tidak tersedia cara menyimpan terlebih dahulu untuk dilanjutkan pada waktu berikutnya.

Tentang fasilitas forwarding, cara ini dapat menggantikan mekanisme POP yang diminati beberapa pemakai klien email non-Web seperti halnya Pegasus Mail atau Outlook Express. Atau untuk keperluan lain seperti ajakan Yulian F. Hendriyana untuk membubuhkan tanda tangan digital yang umumnya diatur oleh klien email non-Web. Pertanyaan penting: apa guna memburu ruang 1 GB di Gmail apabila email yang datang diteruskan ke alamat email lain? Fleksibilitas pengelolaan email lewat Web atau klien email, sesuai komputer yang sedang digunakan? Barangkali. Namun perhatikan, pada keterangan layanan ini disebutkan, It’s free during the test and you can set it up in seconds. Apakah ada rencana Gmail menyediakan forwarding sebagai layanan tidak gratis di masa mendatang? Seperti halnya Yahoo! Mail yang mulanya juga membolehkan email yang datang diambil lewat POP dan forward gratis, namun sekarang dimasukkan ke layanan premium.

Yang jelas itulah tawaran Gmail pada tanggal 5 Oktober hari ini.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/235

2 Comments

Wah, sudah ditulis duluan… tapi kok ya menurut saya, yang paling sip ya itu, simpan dalam Draft. Lainnya.. standard yah?

Nice overview.. :)

Yah emang Gmail sip dan juga enak apalagi untuk loadnya lumayan enteng bin cepet.

Kalau untuk Address book mau ngejar punya Yahoo! keliatannya belum ^_^ Karena Yahoo! menang dengan IM Servicenya yang integrate dengan Address Book, sedangkan di GMail belum ada tanda tanda mau ngeluarin IM Service

by the way, suatu review yang cantik mas Amal

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on October 5, 2004 11:33 PM.

Warnet: Rencana Balai Monitoring dan Bisnis yang Kolaps was the previous entry in this blog.

Open-Xchange: Server Pekerjaan Kolaborasi Berlisensi GPL is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261