"Knowledge Base" Lokal

| 2 Comments | No TrackBacks

Jika moblog, antara lain akses ke blog lewat handphone dan PDA (terutama untuk posting), bertujuan memudahkan pemilik blog menambahkan entri dari sebarang tempat, menyuguhkan tulisan yang lebih real time, dan langsung dinikmati pembaca dari seluruh belahan bumi, memasang blog untuk audiens yang lebih terbatas atau untuk keperluan pra-publikasi, merupakan alternatif menarik bagi individu dan organisasi.

Timothy Appnel “menantang” anggota Professional Network Six Apart untuk mengeluarkan uneg-uneg penggunaan blog di lingkungan yang lebih terbatas — atau, meminjam istilah dia, Menjalankan Movable Type secara lokal. Sebagai pengembang, Timothy melakukan uji coba instalasi beberapa versi MT di Powerbook miliknya. Hal yang sama dilakukan oleh Matthew Mullenweg, yang menenteng server Web Apache dan alat bantu pemrograman untuk pengembangan WordPress, bersama Apple dan OS X miliknya. Sedikit berbeda alat bantu, Dody Suria Wijaya mengaku menggunakan MoinMoin, salah satu Wiki yang ditulis di atas Python, untuk coret-coret tulisan pribadi di notebook-nya.

Mereka semua pengembang perangkat lunak, yang memang membawa notebook antara lain sebagai perpanjangan alat produksi penulisan perangkat lunak. Bagaimana dengan para pengguna komputer, atau mereka yang menyebut dirinya “pemakai akhir”? Apakah notebook yang ditenteng kemana-mana terbatas hanya untuk menjalankan aplikasi perkantoran semisal Keluarga Microsoft Office? Bagaimana jika server Web diinstal di notebook dan dilengkapi perangkat lunak knowledge base? Bisa berupa alat bantu blog, Wiki, atau varian lainnya semisal Faq-o-matic.

Salah seorang staf Six Apart, Michael Sippey, memaparkan contoh yang menarik: dia menulis sebagian entri blog di perjalanan dan melakukan sinkronisasi dengan blog internal perusahaan setelah “mendarat”. Bukan blogging lewat handphone yang seketika dapat dibaca dari seluruh penjuru dunia, melainkan sebuah persiapan materi atau pengetahuan yang dapat dilakukan di mana pun, karena alat bantu penyusunnya terpasang di komputer lokal.

Pengertian “lokal” di sini dapat berarti memang catatan pribadi bak buku harian yang hanya boleh diakses oleh penulisnya, atau pemakaian kolektif intern di sebuah organisasi. Karena tidak semua materi ingin diekspos (begitu saja) secara global, dan alat bantu blog saat ini sangat fleksibel untuk dikustomisasi sehingga sesuai dengan keperluan “yang lebih lokal.” Dengan intranet yang membawa mimik Internet ke lingkungan lokal, knowledge base tertutup tersebut dapat dijadikan salah satu sumber daya perorangan atau organisasi dengan ongkos pengadaan dan pemeliharaan yang terjangkau.

Organisasi pendidikan dapat menggunakan blog untuk aktivitas menulis di kelas. Kelompok penelitian dapat menyusun Wiki sendiri di lab. tanpa harus memiliki tempat hosting di Internet. Demikian juga beberapa rencana pra-publikasi, seperti agenda organisasi, diskusi penyusunan kebijakan, dapat dilakukan secara internal dan tertutup dengan cara kolaboratif.

Dengan sedikit tambahan mekanisme sinkronisasi, pemakai blog lokal dapat memindahkan entri yang mereka tulis ke audiens yang lebih luas. Seperti halnya cara yang dipaparkan Sippey dari notebook pribadi ke blog internal perusahaan, atau barangkali pada kasus lain, dari blog internal pra-cetak, ke tempat lain yang siap dibaca oleh audiens Internet.

Saya sendiri menggunakan Wiki, yakni MoinMoin, untuk mengumpulkan topik yang kemungkinan menarik dikembangkan, disertai koleksi URL, sampai dengan pokok pikiran rencana tulisan tersebut. Selain fleksibel dengan pembuatan halaman, fasilitas seperti pencarian, revisi halaman, dan perubahan terakhir sudah tersedia dan sangat membantu. Walaupun saya hanya menggunakannya di komputer desktop tempat saya sehari-hari bekerja.

[26 Okt] Tulisan tambahan dari Anil Dash di Six Apart tentang peran blog membantu komunikasi di dalam organisasi atau perusahaan secara internal merujuk pada salah satu paper yang secara akademis ditulis oleh Martin Roell, Distributed KM - Improving Knowledge Workers’ Productivity and Organisational Knowledge Sharing with Weblog-based Personal Publishing.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/239

2 Comments

Saya blog ada 2, yang dipublish dan yang lokal (cuma bisa dilihat internal kantor). Yang internal pake greymatter ajah, :P Saya biasa oret oret disitu. Kalau yang untuk dipublish sepertinya gak bisa langsung jadi, simpan di draft dulu, dibaca baca lagi, diedit, baru dipublish.

Saya make dua Blog, yang publish on the net dan yang pribadi, yang pribadi saya taruh server di rumah aja, karena tingkat mobilitas saya yang bisa di bilang masih standar. Jadi saya blum make notebook selain kendala dana juga ^_^

Cuma setiap ada unek unek dan bersifat pribadi saya tulis di server lokal(di PC Rumah, Server Web Lokal), kadang juga setelah posting pribadi kok menarik juga taruh di net, tinggal copy data aja, karena kebetulan sama-sama make WordPress

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on October 24, 2004 11:39 AM.

Pindah Tempat "Hosting" was the previous entry in this blog.

Pemakai Notebook dan Spyware is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261