Informasi "Internet Sehat"

| No TrackBacks

Lewat mailing list Genetika, Donny B.U. mengumumkan pencetakan ulang brosur Internet Sehat sebagai bagian dari kerja sama ICT Watch dan UNESCO. Dari mesin pencari, saya peroleh catatan bahwa brosur tersebut sudah diperkenalkan antara lain pada tahun 2002 lalu. Sayangnya di halaman Web mereka hanya ditampilkan versi yang sudah diperkecil, sehingga sulit dibaca, sedangkan berkas aslinya disimpan dalam format proprietary, yakni Corel Draw, sehingga praktis tidak dapat saya buka.

Sekilas, terlihat halaman brosur begitu penuh dengan teks, seperti halnya sebuah dokumen resmi. Saya jadi ingat salah satu kritik terhadap buku untuk balita di Indonesia yang seperti berlomba dengan jumlah kalimat per halaman. Yang jelas brosur bukan sebuah buku teks, melainkan sebuah media yang merangsang pembacanya untuk tahu lebih lanjut dengan ungkapan ringkas tentang hal-hal penting. Informasi lebih lanjut dan penjelasannya biasanya tersedia di tempat lain, lewat halaman Web atau kontak telepon misalnya. Barangkali untuk situasi di Indonesia lebih praktis jika langsung diberikan semua.

Sedangkan untuk situs Internet Sehat yang disediakan ICT Watch, saya menyarankan agar lebih fokus dalam konteks bimbingan kepada pemakai. Semacam konseling yang lebih dekat dengan pribadi pengguna komputer. Misalnya penjelasan tentang Internet untuk anak dan remaja, sikap orang tua, dan sejenisnya lebih banyak lagi dipaparkan, dan tidak terlalu perlu disibukkan dengan cara pemfilteran di Linux menggunakan Squid dan sekian aneka konfigurasi teknis. Apalagi jika diingat bahwa target Internet Sehat adalah pemakai akhir.

Yang juga agak janggal adalah nasehat nomor enam dari Checklist,

Tetaplah ingat untuk memperpanjang sewa nama domain yang anda miliki.

Wah, apakah sewa nama domain sudah menjadi gejala yang lumrah bagi mayoritas pemakai Internet? Bukannya kegiatan “khusus” pengguna Internet di Indonesia adalah semacam daftar email gratis atau buat mailing list baru di Yahoo! Groups.

Bagaimanapun, ICT Watch yang dikomandani Donny B.U. sudah berhasil merintis kerja sama dengan UNESCO dan situs-situs populer lain di Indonesia, disertai rencana mereka untuk menyebarluaskan brosur tersebut dan kemungkinan lewat media lain seperti CD. Pendaftaran untuk memperoleh brosur tersebut cuma-cuma dibuka sampai 5 Desember nanti.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/252

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on November 25, 2004 2:16 PM.

"Curhat" untuk Domain ID was the previous entry in this blog.

Alternatif Versi "Offline" is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261