Diancam Spam atau Dibujuk Ganti Alat Bantu

| 1 Comment | No TrackBacks

Kendati Yulian F. Hendriyana menyebut kemungkinan pekan kali ini sebagai bugs week of the month berkaitan dengan sejumlah persoalan di PHP, mari kita nikmati beberapa persoalan yang berada di ujung tahun dengan santai. Ambil rehatlah! Sekalipun Idban Secandri sudah mengeluarkan instruksi agar pemakai WordPress segera pasang versi baru — jauh lebih lantang dibanding kabar dari Matthew Mullenweg…

Bug dan spam, dua hal potensial penyebab pemilik situs Web meringis kesal. Hanya satu bulan setelah Harry Sufehmi menekan tombol alarm, tamu tidak diundang (dan harus diusir!) dari Brazil menerobos lewat phpBB. Karena Harry mengurus server Web sendiri, mau tidak mau pekerjaan tambal atap bocor dengan versi baru harus dilakukan sendiri. Semenjak saya pindah tempat hosting perbaikan versi menjadi urusan pemilik server — saya hanya anak kos.

Namun anak kos bisa kelimpungan: Jay Allen dengan mengharukan menulis persoalan yang muncul berkaitan dengan spam dan mekanisme rebuild di Movable Type. Jumlah kedatangan spam yang sangat agresif memicu eskalasi proses penanganan komentar dan sejumlah tempat hosting bersama sudah kewalahan. Resikonya: pemakai Movable Type bisa suatu waktu diusir.

Terdapat hal yang dilematis dalam hal ini: halaman statik yang dihasilkan Movable Type berarti keuntungan karena respon waktu yang singkat untuk setiap permintaan; yang berarti pula: setiap spam yang datang segera dilayani. Bumerangnya: mesin di belakang halaman statik tersebut bertumpu pada Perl yang umumnya di tempat hosting bersama ditangani dengan modus CGI — bukan lewat mod_perl. Setiap cabang proses (forking) menyedot sumber daya yang signifikan, apalagi jika bertubi-tubi seperti kala dihajar spam.

Sebelum bertengkar untung-rugi Perl dan PHP — yang kebetulan direpresentasikan mendekati utuh oleh Movable Type vs. WordPress, saya sarankan menimbang-nimbang: apa bedanya diserang spam dengan terkena efek Slashdot? Yang jelas spam datang berkelanjutan seolah tanpa habis, sedangkan efek Slashdot lebih berentang waktu pendek, karena tidak mudah menduga berita yang layak mendapat karma memadai.

Antara lain didorong oleh usulan agar untuk sementara templat dinamis (maaf “Jay” Yulian, lain kali kita lanjutkan diskusi dinamis atau dinamik…) di Movable Type diaktifkan — yang berarti “pramusaji WordPress sementara koki di dapur tetap Movable Type” — sudah muncul cetusan “perang suci”, Ganti saja ke WordPress! Saya kira tidak secepat itu kami “berkhianat”. Kami pemakai Movable Type atau kami pengguna WordPress.

Banyak orang maklum (dan sedikit menggerutu) Perl itu eksentrik dan kriptik, namun pemakainya loyal apalagi jika dibandingkan dengan PHP. Lebih-lebih jika dilihat fondasi templat di Movable Type yang paten. Walaupun Harry hanya perlu 2-3 jam untuk menguasai pemakaian PHP.

Dengan sekian kali penyebutan alat bantu, bahasa pemrograman, mekanisme infrastruktur, dan karena jelas-jelas saat artikel ini dipasang saya masih pemakai Movable Type, boleh jadi banyak yang tidak setuju dan ingin protes, atau setuju namun gemas. Bagaimanapun, saya mengajak berdoa karena pengembang di Six Apart berjanji mengatasi persoalan ini dalam waktu 48 jam. Mudah-mudahan besok Senin menjadi istimewa karena lebih sedikit yang berujar, I hate monday!

Bagi yang merasa tidak perlu berdoa karena ini persoalan sebuah produk, saya tetap menawarkan kerja sama yang baik: bagaimana apabila kita doakan agar para pengirim spam segera insyaf sebelum dikutuk menuju neraka oleh banyak orang,

What people really hate about spam more than anything else is porn, Fallows said. There is a special place in hell for the pornographers among all the spammers.

Survey Confirms It: Spam Sucks, Wired News, 23 Oktober 2003

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/260

1 Comment

Pak, untuk sementera, dalam menangkis serangan ‘comment spam’ cobalah pasang captcha… :)

mintalah pengakses dari shell untuk mengerti sementara waktu hingga serangan spam (mungkinkah?) mereda… ;)

IMHO, captcha cukup efektif dalam menghalangi aksi ‘comment spam’, terutama serangan dengan script otomatis…

jadi, untuk menangkal ‘comment spam’ tdk perlu sampai harus convert ke WP ;)

lain halnya kalo soal rebuild-nya MT… gw sendiri batal pakai MT, antara lain karena alasan itu… :D

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on December 19, 2004 2:51 AM.

Reviewland: Situs Pengulas atau Provokator? was the previous entry in this blog.

Telkom Speedy yang "Sedemikian Cepat" is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261