Rencana Pemetaan Blogger Indonesia

| No TrackBacks

Idban Secandri sedang mengerjakan projek Pemetaan Blogger Indonesia dengan dukungan sumber daya sekelas pasukan khusus. Tidak tanggung-tanggung, untuk keperluan data lokasi diambil dari National Geospatial Intelligence Agency (NGA).

Menurut perhitungan Idban sendiri, data untuk Indonesia tersedia sebesar 14 MB dengan jumlah lokasi sebanyak 108.714 buah. Bandingkan dengan jumlah pemilik blog yang terdaftar di Blogbugs: “hanya” 958 buah. Katakanlah ditambah pemilik blog yang tidak terdaftar di sana dan kemungkinan penambahan data baru, dengan dikali 10, hasilnya masih 9.580 buah.

Jadi agaknya jerih-payah Idban menelateni 108 ribu lebih data dapat digunakan untuk keperluan lain berikutnya yang lebih proporsional. Rencana lain data lokasi tersebut akan digunakan untuk mencacah pemakai Linux di Indonesia, namun saya kira sebarannya tidak terlalu jauh berbeda dengan pemilik blog, yakni ibu kota propinsi, dan lebih menggerombol di Pulau Jawa.

Namun berapa kira-kira faktor pengali yang pantas terhadap angka yang dicatat oleh Blogbugs untuk situasi saat ini? Misalnya pemilik blog secara keseluruhan maksimal sekitar 5 kali jumlah tersebut, berarti jumlahnya sekitar 5.000 orang. Dengan pengguna Internet Indonesia sejumlah 12 juta orang pada tahun lalu, seperti yang dicatat oleh APJII, berarti pemilik blog sekitar 0,04% dari pemakai Internet.

Kendati perhitungan di atas sangat kasar dan domainnya berbeda (angka yang tercatat di Blogbugs berasal dari seluruh dunia sedangkan data APJII hanya mencatat pemakai Internet di wilayah RI), persentase tersebut masih jauh di bawah angka 0,3% dari populasi penduduk yang tercatat di Belanda. Atau catatan terakhir dari Amerika Serikat, yakni 2,7% dari populasi penduduk.

Perhitungan yang lebih baik barangkali dapat dihasilkan oleh rencana Idban ini. Selamat bekerja!

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/266

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on January 11, 2005 9:43 PM.

Sambungan Baru Telkom Speedy di Surabaya was the previous entry in this blog.

Google.co.id is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261