Ajaran Agama, Identitas Agama, atau Spam Religius

| 1 Comment | No TrackBacks

Sarah Gilbert mempertanyakan, Apakah Tuhan memiliki email? dalam komentarnya tentang email spam yang berisi materi agama. Jumlah spam ini, dikutip dari angka yang dipaparkan direktur manajer Email Systems, Neil Hamerton, sekitar 1% dari total spam saat ini.

Spam atau sekadar email ajakan, sudah mulai saya terima lewat beberapa jalur hari-hari terakhir ini. Yang pertama adalah kiriman dua ayat dari Injil lewat Halaman Kontak,

From: Josiah <non@no.id> X-Mailer: PHP/4.3.10 Message-Id: <E1Cpj2o-0004DN-AZ@SV8.DNSLISTS.NET> Date: Sat, 15 Jan 2005 02:12:26 -0600 X-Spam-Status: No, score=-2.6 required=5.0 tests=BAYES_00 autolearn=ham version=3.0.1 Subject: [#direktif] orag Content-Length: 417
URI: IP: 63.127.53.39
Orang yang percaya kepada Anak itu akan mendapat hidup sejati dan kekal. Tetapi orang yang tidak taat kepada Anak itu tidak mendapat hidup. Ia dihukum Allah untuk selama-lamanya jn 3,36
Dan jikalau barang seorang tiada dijumpai namanya tersurat di dalam kitab hayat itu, maka ia pun dicampakkanlah ke dalam laut api itu rev 20,15
Believe on the Lord Jesus Christ, and thou shalt be saved

Menurut SpamAssassin yang terpasang di komputer saya, memang bukan spam. Skornya malah negatif. Namun kalau saya balas ke pengirimnya, jelas tidak mungkin karena alamat email yang diberikan lancung. Selain itu, komentar di blog saya Coret Moret juga pernah didatangi penulis di atas.

Berikutnya giliran email dengan identitas starmuslim@yahoo.com. Pertama mereka promosi tentang “tabib sakti” (ditulis dengan huruf kapital) dan di bagian bawahnya ajakan untuk bergabung dengan mailing list Starmuslim. Setelah saya acuhkan, dua hari kemudian — hari ini — datang lagi ajakan untuk bergabung dengan Starmuslim lewat iming-iming “100 Pemasar Terkaya di Indonesia”. Kendati diawali dan diakhiri dengan salam seorang muslim, bahkan menggunakan huruf kapital, email sudah tidak berisi aspek religi lagi,

5. Pendiri TIANSHI (MR. Li Jin Yuan) masuk dalam daftar “WHO IS WHO” dan mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari UNESCO PBB.
6. Tianshi saat ini berada LEBIH DARI 120 NEGARA! Bahkan perkiraan di tahun 2004 sekitar di 170 NEGARA! TIME MAGAZINE-pun mengungkap, tahun 2002 OMSET TERCEPAT di DUNIA adalah TIANSHI! (mengalahkan MICROSOFT!)
7. BONUS TERBESAR SEPANJANG SEJARAH! BMW, KAPAL PESIAR, PESAWAT TERBANG, VILLA MEWAH senilai $300.000!!!

Spamassassin di tempat saya memberi skor 1,2 karena “memalsukan alamat email Yahoo.” Dari tajuk email terlihat bahwa pesan tersebut dikirim oleh bounce@freeautobot.com. Dilihat dari situs Freeautobot, terlihat jelas promosi pemasaran dengan penyebaran email, seperti disebut di halaman depan mereka, Unlimited Follow-up E-mails with NO Adverts - 100% FREE, namun seperti yang sudah-sudah, FreeAutobot gives YOU the most Cost Effective Strategy to Internet Marketing Success and its 100% Free of Charge.

Ah, barangkali saya salah memasukkan email-email aneh ini ke dalam kategori spam religius. Yang jelas, jika ingin menyampaikan ajaran agama, gunakan cara yang baik — toh, di Internet semua sudah disediakan tempat dan aturannya. Meraup keuntungan lewat promosi “pemasaran Internet” (sebuah istilah yang salah kaprah dan sekarang berkonotasi buruk) juga tidak usah membawa-bawa atribut agama — karena toh materi di dalamnya, mana yang bekaitan dengan agama?

Namun bisa “bikin iri” juga: anggota mailing list tersebut sampai 401 orang! Entah anggota aktif sesungguhnya atau sekadar setor alamat email.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/274

1 Comment

Sebagian orang berpendapat bahwa Anne Ahira adalah spammer. Barangkali mereka kadang lupa juga, bahwa email yang dikirimkan ke pengunjung website Ahira adalah tanggapan karena telah mengunjungi websitenya. Karena hal tsb adalah bisnis online, maka pengunjung secara otomatis memperoleh email secara berkala. Dan inilah yg menjadikan lupa tidak sempat dibaca oleh penerima email, bahwa dibagian bawah email yg diterima ada unsubcribe agar tdk dikirimkan utk berikutnya. Bahkan dalam bisnis Ahira sendiri melakukan kebijakan NO SPAMMING dan sangat tegas.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on January 31, 2005 3:53 PM.

Getok Tular was the previous entry in this blog.

SpeedCrunch: Sensasi Program Kecil "Goes International" is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261