Ayo Berdiskusi

| 3 Comments | No TrackBacks

Apabila menulis pendapat lewat komentar yang disediakan setelah materi dianggap kurang leluasa, mari kita berdiskusi lintas blog. Untuk keperluan ini, saya menambahkan fasilitas di Artikel terkait berupa taut ke beberapa mesin pencari.

Technorati merupakan mesin pencari yang paling cepat menemukan kaitan antar weblog. Hal ini antara lain didukung oleh banyaknya alat bantu blog yang mengirim notifikasi, berupa ping, ke server Technorati sebagai kelengkapan dari pemuatan sebuah artikel. Informasi yang dikirim bersama notifikasi ini antara lain permalink artikel (berupa URL), sehingga Technorati dapat menyusun koleksi artikel yang merujuk ke sebuah URL. Alhasil, bersama dengan Bloglines dan Feedster, saya kelompokkan sebagai mesin pencari yang bekerja dengan cara di atas.

Sedangkan Yahoo! menyediakan pencarian baru yang memperhatikan konteks, yakni Y!Q. Penulis kode Y!Q adalah Jeremy Zawodny, staf Yahoo! dan salah satu penulis blog sohor yang menulis banyak tentang kultur blog. Selain panduan resmi cara pemasangan Y!Q yang disediakan Yahoo!, Jeremy menuliskan tutorial, catatan dia, dan bersedia menampung usulan untuk tim Y!Q mereka. Tag yang dicontohkan oleh Jeremy untuk Movable Type, lakukan modifikasi sesuai alat bantu yang anda gunakan.

Bagaimana dengan Google? Menurut log pengunjung situs ini, bot mereka memang paling cepat dan paling sering datang, namun saya masih kesulitan mengikutkan Google dalam koleksi mesin pencari artikel terkait. Saya sempat mencoba fasilitas Who Links To You?, namun sayangnya untuk materi per halaman mekanisme tersebut bekerja kurang baik. Jika Technorati dapat menemukan situs lain yang merujuk ke sebuah artikel saya, Google gagal. Tampaknya fasilitas tersebut lebih cocok untuk lingkup yang lebih luas, yakni situs Web, dan tidak dimaksudkan untuk entri dalam bentuk laman Web.

Saya juga mempertimbangkan cara yang dipakai oleh Idban Secandri, yakni Google It!, yang dipasang di sebelah kanan judul. Cara ini bekerja terhadap judul artikel dan menurut saya kurang lengkap mewakili konteks materi yang saya tulis. Untuk Y!Q pun, masukan yang disediakan untuk variable context saya pilih ringkasan artikel (MTEntryExcerpt). Dengan kondisi ini, untuk sementara Google belum dimasukkan ke dalam fasilitas tersebut.

Keterbatasan yang saya amati memang dari sisi kultur blog di antara kita, pemakai blog di Indonesia, yang masih sedikit “bersahut-sahutan” berdiskusi lewat blog. Saya juga menyadari bahwa pemakaian Bahasa Indonesia membatasi pilihan yang dapat disodorkan Y!Q. Tidak menjadi masalah, jalan terus!

Mari berdiskusi lewat blog. Jika ingin bergabung dan tidak ketinggalan zaman dengan sekian layanan yang sudah tersedia di Internet, gunakan alat bantu blog yang memfasilitasi kemudahan ini.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/279

3 Comments

Diskusi lewat blog? apa nggak lebih nyaman lewat milis?

Sebagai salah satu alternatif. Kenapa tidak? :) Masing-masing memiliki kenyamanan berlainan.

Kalo di Yahoo Messenger?

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on February 15, 2005 8:59 AM.

Saling Pengertian was the previous entry in this blog.

Promosi Cepat Kaya Ala Enda is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261