Yahoo! 360°: Buku Harian Baru

| 2 Comments | No TrackBacks

Dari keterangan yang ditulis Thomas Arie Setiawan: Yahoo! 360°. Blog dipasang di item paling atas di senarai Share what you want, tampaknya menjadi iming-iming yang lebih impresif dibanding berbagi foto — masih banyak orang yang belum punya kamera digital, namun hampir semua pemakai Yahoo! bisa dimotivasi untuk menulis catatan, atau nama yang lebih keren: blog.

Benar, di mana-mana blog: termasuk yang baru dari Friendster dengan pilihan mulai dari gratis-beriklan sampai dengan versi Pro. Mitra kerja sama Friendster adalah TypePad, layanan premium yang disediakan Six Apart. Setelah Google membeli-dan-merombak Blogger, MSN menyediakan MSN Spaces, dan rencana Yahoo! 360° ini, lengkaplah tiga raksasa menambahi etalasenya dengan blog.

Tentu saja saya belum tahu penyajian Yahoo! 360°, namun dari sekilas gambar yang disodorkan di halaman What is Yahoo! 360°?, sedikit terlihat beberapa layanan baru ini digabung menjadi satu — blog, jaringan sosial (social networking), dan layanan lain mereka sebelumnya. Dalam hal ini dugaan saya bentuknya kira-kira mirip dengan MSN Spaces yang masih membawa kesan kuat “bagian dari halaman MSN”. Untuk Yahoo!, tata letak yang sudah terintegrasi antara Mail, Addressbook, Calendar, dan Notepad, kelihatannya akan diperluas ke 360°.

Sebagai preferensi pribadi, Blogger yang dibiarkan “berdiri sendiri” (entah suatu saat jika Google ikut menyediakan Calendar), bahkan dengan Gmail pun terpisah, justru lebih tegas sosoknya sebagai penyedia layanan blog. Mekanisme templat yang disediakan pun fleksibel dimodifikasi. Halaman di MSN Spaces masih lebih seperti sebuah buku harian yang di pinggirnya disertai blok-blok fungsional. Mengingatkan saya pada CMS generasi Nuke.

Blog di Friendster akan ramai dikunjungi oleh mereka yang memang aktif “berkumpul” di sana, misalnya mereka yang sebelumnya sudah sering berkirim pesan antaranggota Friendster. Tidak ketinggalan situs Opera dan Spymac juga berusaha merangkul penulis dan pembaca blog untuk pemakai produk yang berasosiasi dengan keduanya. Partisipan di tempat-tempat tersebut sudah loyal dengan brand dan layanan terintegrasi yang disediakan. Jumlahnya memang tidak bisa terlalu banyak (tidak semua orang tertarik melakukan registrasi dulu hanya untuk berkomentar), dan bagi saya yang lebih mengganggu adalah tempat-tempat tersebut relatif lebih lambat diakses karena banyak pernik yang harus diikutkan tampil.

Punya akun yang harus diurus di banyak tempat bisa menjadi tambahan pekerjaan sendiri, perlu ketekunan seorang Petualang Blog.

Yang juga menggelitik saya adalah perkiraan Enda Nasution bahwa penyedia layanan besar ini akan menghabisi para kurcaci bak gajah bertarung dan pelanduk mati di tengah. Kita ikuti dan lihat… sambil terus menulis di blog masing-masing.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/292

2 Comments

Setelah mencoba Blog Friendster ternyata oke juga mas amal :)

Lumayan kalo ada blog di FS, abis bingung ga tau ngapain bisa ngeblog skrg :p

FS Blog: http://enda001.blogs.friendster.com/endasblogfriendster/

abis dikasih tau mas jay, tulisannya jadi lebih gede… :D

yah, biarkan mereka bertarung, yang enak kan kita juga… :D

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on March 17, 2005 12:05 AM.

Iklan di Sindikasi was the previous entry in this blog.

Macnoto, Bahkan MacSoto is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261