Pemakai MSN di Belanda

| 7 Comments | 2 TrackBacks

Seperti halnya Friendster dan Orkut yang ternyata secara tidak langsung disukai oleh pemakai berdasarkan faktor geografi, saya amati hal yang sama berlaku juga untuk Yahoo! dan MSN, dengan Indonesia dan Belanda sebagai bahan perbandingan. Pengamatan ini bersifat sangat terbatas, hanya mewakili lingkungan di sekitar saya.

Tinggal di Groningen, Belanda, saya jumpai pemakai akun Hotmail dan MSN Messenger (atau, untuk praktisnya saya sebut “akun MSN”) lebih banyak dibanding Yahoo!. Dilihat dari daftar email di lembaran daftar hadir pertemuan, iklan baris di swalayan, daftar pengurus kegiatan olahraga di sportcentrum, sampai dengan di pasar barang bekas Belanda, jumlah pemilik alamat email Hotmail lebih dominan. Demikian juga MSN Messenger lebih sering dijadikan alternatif pertama, sebelum produk kompetitornya seperti Yahoo! Messenger atau ICQ.

Kelompok pemakai yang saya maksudkan ini adalah warga Belanda sendiri — yakni mereka yang sudah menetap di kota Groningen, misalnya, dan anak-anak dari keluarga Indonesia yang mulai mengenal komputer pada saat mereka ada di Groningen. Sebaliknya, di mailing list paguyuban masyarakat Indonesia, alamat email Yahoo! lebih dominan. Termasuk layanan mailing list yang dipakai dari Yahoo! Groups. Kelihatannya masih sedikit yang menyadari bahwa di MSN terdapat Groups, demikian juga di Google.

Microsoft memang gencar memasang promosi produk mereka di Belanda. Dengan tambahan pengguna Bahasa Belanda di Belgia, iklan Microsoft dalam Bahasa Belanda meriah di media cetak dan televisi. Dibantu oleh portal mereka yang juga tersedia dalam Bahasa Belanda, dari faktor bahasa MSN sudah merebut hati pemakainya. Sedangkan Yahoo! sendiri sampai hari ini belum menyediakan antarmuka berbahasa Belanda.

Lebih dari itu, memang terdapat aspek “kecenderungan” (trend) bahwa MSN di Belanda memiliki pemakai dalam jumlah fantastis, tertinggi di Eropa, dan kemungkinan menggeser komunikasi dengan email. Tahun lalu, jumlah pengguna MSN di Belanda mencapai 4 juta — terhadap 11 juta pemakai Internet. Apabila perkiraan yang disebutkan oleh Joost Nienhuis, manajer MSN, bahwa suatu saat jumlahnya akan mencapai 10 juta, lebih cepat dicapai dibanding peningkatan jumlah pengguna Internet, Belanda benar-benar menjadi “Negeri MSN.”

[13 Apr] Dari berita kecil yang dimuat di tabloid Metro hari ini, disebutkan bahwa Yahoo! sudah menyediakan http://www.yahoo.nl.

2 TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/300

Asik, akhirnya Y!m versi 7 sudah dirilis. Entah kapan tanggal rilis resminya, Minggu 7 Agustus lalu saya cek masih versi beta. Saya hendak mencoba feature baru yang didengung-dengungkan selama ini: PC-to-PC-calls. Kedengarannya menarik, berhubung keluarg Read More

Asik, akhirnya Y!m versi 7 sudah dirilis. Entah kapan tanggal rilis resminya, Minggu 7 Agustus lalu saya cek masih versi beta. Beberapa teman yang nekad memakai versi beta mengeluh, program sering berhenti ditengah jalan, atau seting tiba-tiba berubahR Read More

7 Comments

Mas Amal, klo berdasarkan waktu mana duluan yg di kenal di sana ? yahoo ato MSN ? Imho, di Indoesia lebih kenal yahoo, karena di awali dengan penggunaan search enggine, lalu email dan di akhiri dengan Messanger. Nah mungkin di Belanda, di awali dengan menggunakan email hotmail, lalu MSN

Kalo di Indo sih duluan ICQ. Dulu rame2 pake ICQ kecil2an nomer registrasi… terus keluar Yahoo!IM kok enakan Yahoo karena konek nya lebih gampang dan sendnya lebih cepat (karena pake web proxy??)

Cuma kalo dari temen sih di Singapore lebih ngetop MSN.

1: Saya belum mendapatkan informasi produk yang lebih dulu datang di Belanda. Seharusnya seperti halnya semua pemakai Internet di seluruh dunia, Yahoo! mereka kenal lebih dulu sebelum MSN.

Ya, kayaknya di Eropa dan Jepang banyakan orang pake msn dibanding Yahoo. Temen2 Jerman dan Inggris juga rata2 pake msn termasuk messengernya. Skype juga mulai naik daun karena fasilitas voicenya. Gimana skype di NL, Mal?

mungkin karena kalau beli komputer itu ajang chatting yang udah terinstalled itu msn jadi orang2 banyak yang lebih kenal msn. dan karena makai bahasa belanda, banyak orang sini yang pakai.

4: Skype di Belanda baik-baik. :)

Beberapa teman yang menginginkan bercakap-cakap lewat Internet memang menyarankan lewat Skype. Terutama untuk kontak dengan keluarga atau kenalan di tanah air.

Benar. Gejala ini mirip2 dengan AOL di Amrik. Dan agaknya emang benar komentar #5 (Echa) bahwa faktor “karena sudah langsung ke-install, jadi malas cari2 yang lain” adalah mendominasi fenomena ini.

Sudah tak terhitung banyaknya diskusi saya tentang ini dengan teman2 pribumi (orang Belanda asli) di sini. Jawaban mereka juga ga jelas, walau ada benang merah: 1. males cari yang lain;, 2. teman2nya pada di msn semua.

Beberapa pribumi ‘moderat’ kemudian memilih trillian (satu program untuk semua messanger, termasuk irc, aol, msn, icq, yahoo) untuk menjadi messangernya. Trillian sempat merajalela, walaupun saya liat teman2 pribumi yang make trillian cuma ngakeses ke msn (haha).

Saya ga suka msn (mungkin karena faktor si m$), icq sekarang jadi sarang spammer, aol ga banyak teman, irc terlalu old-fashion dan featurenya ga banyak diupdate. Yahoo? Yah, jadi sering dipake karena teman2 pada di sana semua.

Jadi saya termasuk pemilih messanger karena alasan “teman2 banyak di sana”. Bagaimana dengan anda? :p

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on April 12, 2005 1:18 AM.

Selayang Pandang Yahoo! 360° was the previous entry in this blog.

Perkenalkan: "Podcasting", Jreng... is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261