Blog di Asia: Menyiasati Keadaan di Cina

| 3 Comments | No TrackBacks

Gelombang blog mulai masuk daerah baru: Asia! Slashdot memilih topik ini dengan bekal tulisan dari Japan Today, Bloggers top 3 mil in Japan, dan salah satu kutipan dari artikel di Wired News, Ready or Not, China Gets Blogged. Saya agak mengernyitkan dahi dengan penyebutan “Asia” pada entri tersebut. Artikel yang dirujuk bercerita tentang gelombang blog di Jepang (jelas, karena dimuat di Japan Today) dan Cina, yang ditulis oleh koresponden rubrik Media Hack di Wired News, diikuti oleh komentator Slashdot yang sebagian menyebut kondisi di Korea Selatan dan India. Negara-negara tersebut memang mewakili masyarakat dan industri TI di Asia akhir-akhir ini, namun untuk gerakan menulis lewat blog, saya rasa Iran lebih awal. Catatan dari World Summit on the Information Society pada bulan Desember 2003 lalu merupakan prestasi tersendiri bagi Negara Mullah tersebut.

Memang benar blog di Iran disebut marak sebagai konsumsi pemakai Internet, sedangkan yang diangkat oleh dua tulisan di atas sudah masuk tingkatan lebih lanjut, yakni bisnis layanan blog. Jika dikaitkan dengan reportase yang serupa terjadi di Jepang dan Cina, catatan dari Belanda lima bulan lalu, yang mengukur antusiasme penulis blog di Belanda dari sisi penyedia layanan lokal, lebih sebanding. Kemungkinan lainnya: entri di Slashdot tersebut memang terbawa stereotip khas Barat bahwa Asia cenderung merujuk pada Oriental.

Cerita yang dipaparkan di Wired News tentang Edwyn Chan di Cina menarik dari sisi bisnis dan cara menyiasati keadaan. Dua sisi yang harus ia hadapi adalah: situasi politik di Cina yang tidak kondusif untuk publikasi non-pemerintah karena adanya kontrol yang ketat dari pemerintah terutama untuk materi politik; dan kedua, pandangan dari para investor yang umumnya tidak memiliki gambaran memadai tentang blog, melainkan sekadar sesuatu yang sedang hot dan diharapkan dapat mengembalikan duit investasi mereka kurang dari setahun.

Chan jalan terus: dia menghindari blog bermuatan politik dengan mengutipkan salah satu ujaran di Cina: jika anda sedang berada di rumah orang lain, ikuti aturan mereka. Sedangkan di sisi perolehan profit dari blog — sesuatu yang di Barat sekalipun belum bisa menjadikan seseorang kaya — dibidik keuntungan pemakaian SMS untuk pengiriman informasi singkat. Hal ini terkait dengan pangsa pasar pemakaian SMS di Cina yang memang atraktif.

Dari Indonesia, Budi Rahardjo merujukkan entri Slashdot di atas dengan pertanyaan: berapa jumlah penulis blog di Indonesia?

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/312

3 Comments

Pers barat memang cenderung menulis Asia = Oriental sehingga negara seperti Iran = Arab, India = ya India. Indonesia masuk kategori South East Asia atau bahkan Pacific atau bahkan mereka tidak tahu ada dimana =))

Ya begitulah… Barat… Kadang-kadang terlalu sempit sudut pandangnya.

Kalau tidak salah, sejauh yang saya tahu, ada dua penyedia jasa blog gratis di Indonesia, yaitu Boleh dan Indosiar. Mungkin perlu tanya ke dua perusahaan itu apakah bisnis blog di Indonesia menguntungkan secara bisnis atau tidak.

Yang kiranya patut dicatat juga adalah belasan hosting company (reseller) yang sekarang semakin menurunkan tarif hosting mereka. Kemungkinan mereka menyasar orang-orang yang ingin mempunyai space di dunia maya untuk membangun weblog pribadi. Hal ini tentu juga dipicu oleh adanya fasilitas fantastico yang mampu menyederhanakan proses instalasi sebuah weblog engine. Saya pikir kita perlu mendengar ‘reseller hosting’ berbicara tentang hal ini.

Bisa jadi bisnis tempat hosting bersama (shared) bertambah ramai sekarang ini antara lain dipacu oleh keinginan memiliki blog pribadi. Situs Web berbentuk blog disukai karena alat bantu blog memudahkan pengelolaan materi.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on May 21, 2005 8:13 PM.

Hotmail 250 MB Bulan Juli Nanti was the previous entry in this blog.

Kuburan Warnet dan Penertiban Perangkat Lunak di Warnet is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261