Gmail di Opera Masih Bermasalah?

| 8 Comments | No TrackBacks

Karena memiliki satu alamat email lagi di Gmail untuk keperluan mengumpulkan email dari beberapa mailing list (dan lebih nyaman mengomentari diskusi di mailing list lewat entri di blog), saya akses akun tersebut lewat Opera. Harapan saya tidak perlu berganti akun di Firefox, sehingga dua isi Gmail dapat aktif bersamaan.

Ternyata muncul masalah di Opera. Versi yang saya gunakan adalah Opera 8.0 Final, Build 1095, pustaka Qt 3.3.4, tanpa Java, dan dijalankan di Debian GNU/Linux Sarge i686. Persoalan yang saya temui: setelah aktif cukup lama, dan monitor masuk modus hemat energi (energy save mode), begitu monitor saya aktifkan: Opera berada pada kondisi tidak menerima respon apapun. Terpaksa saya “bunuh” (kill process) dari jendela shell Linux. Saya belum tahu apakah perubahan modus di monitor menjadi penyebab atau JavaScript yang intensif dari Gmail belum dijalankan dengan benar.

Alhasil untuk sementara ini saya bergantian menggunakan dua alamat email Gmail di Firefox dan belum dicoba lagi secara intensif di Opera. Antarmuka untuk percakapan (conversation style) di Gmail sangat membantu untuk mengikuti diskusi dari mailing list. Bandingkan dengan tampilan konvensional satu halaman per pesan email yang dipakai oleh Webmail lain: sangat melelahkan pindah-pindah antar pesan, karena satu halaman harus “digambar” ulang sebagai sebuah halaman Web utuh.

Menjawab usulan Aldiantoro Nugroho agar saya kembali ke GMX sebagai email utama, tidak perlu sejauh itu. Akun saya di Yahoo! masih dapat digunakan untuk POP dan forwarding. Saya pernah menggunakan jasa premium mereka selama satu tahun dan setelah berhenti fasilitas tersebut masih dapat digunakan. Entah memang demikian aturannya atau ada sedikit “kesalahan teknis”.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/322

8 Comments

Pak Amal, bisa kok buka dua akun Gmail di Firefox dalam waktu bersamaan tanpa ada masalah. Buka saja Firefox dalam dua profile yang berbeda. Gunakan command “firefox -P”. Jadi tidak perlu repot berganti-ganti akun. :)

Akun saya di Yahoo! masih dapat digunakan untuk POP dan forwarding

oh, pantes ^^. Soalnya kalo saya nyari gratisan™ sih … :P

Saya pernah menggunakan jasa premium mereka selama satu tahun dan setelah berhenti fasilitas tersebut masih dapat digunakan. Entah memang demikian aturannya atau ada sedikit “kesalahan teknis”.

Mestinya itu kesalahan teknis, soalnya sesaat setelah saya nonaktifkan akun premium yahoo saya, fasilitas POP dan forwarding langsung tidak dapat digunakan.

Kemungkinan memang karena kesalahan teknis: setelah masa langganan berbayar berhenti, mereka menagih otomatis dari kartu kredit yang saya gunakan. Karena saya memutuskan untuk berhenti, saya batalkan. Transaksi bisa dibatalkan, namun kondisi akun Yahoo! Mail masih seperti sebelumnya.

Oke, pada saat mereka menaikkan kapasitas menjadi 250 MB, akun saya mengalami gangguan. Saya lupa persisnya, yang jelas saya ingin email yang datang dibaca dari Web saja (karena saya sudah menggunakan alamat email lain untuk POP). Saya ajukan masalah saya ke Customer Service Yahoo! sekaligus menjelaskan bahwa saya sudah berhenti berlangganan premium dan akan membaca email dari Web saja untuk Yahoo!. Mereka memperbaiki kondisi akun email saya, namun POP dan forwarding tetap tersedia — sampai sekarang.

di opera tidak bisa install gmail plug-in seperti firefox ya ?

#1, terima kasih Eka, saya sampai lupa kemungkinan menggunakan profil di Firefox. Menggunakan Firefox di lingkungan multiuser menyebabkan saya merasa tidak perlu memedulikan profil. ;)

#5: apa itu ekstensi untuk Gmail? Semacam Google Toolbar? Kelihatannya Opera tidak menggunakan model ekstensi (CMIIW) seperti halnya di Firefox.

to: amal ya, gmail extension seperti di firefox. Apa tidak ada yang mendevelop untuk opera ?

off topic: btw, bukannya mau promosi atau apa, tapi pengguna firefox WAJIB (menurut saya) mengistall groowe search toolbar, sangat berguna dan menyingkat waktu untuk pencarian.

-rento

Walaupun tidak menjawab langsung tersedia atau tidak, penjelasan di Arve Bersvendsen, Opera equivalents to Firefox extensions ini mungkin dapat menjawab perihal cara mengotak-atik sebagian konfigurasi di Opera untuk menyamai fungsi ekstensi di Firefox. Sependek yang saya tahu, ekstensi di Opera memang kurang/belum populer bahkan dibanding IE sekalipun.

Tentang batang alat (toolbar) untuk Firefox, saya cukup menggunakan Yahoo! Toolbar selama ini dan daftar mesin pencari yang tersedia di kotak pencarian di bagian navigasi sudah mencukupi. Kalaupun ingin ditambah, biasanya saya pasang dari Mycroft.

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on June 3, 2005 5:54 AM.

Gerakan Nasional Open Source (GNOS) was the previous entry in this blog.

Subsidi untuk Warnet atau Kegagalan Berdiplomasi? is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261