Kegagalan Akses ke Basisdata

| 2 Comments | No TrackBacks

Pemasangan artikel Memutihkan Persoalan Hak Intelektual lewat Dalih Sejarah hari Senin lalu dihinggapi perasaan sedikit risau: mekanisme pemutakhiran (update) artikel ke basisdata gagal, akibatnya saya mengalami kesulitan memperbaiki kategori entri tersebut yang kosong dan kemungkinan komentar dari pengunjung tidak dapat diisikan (karena melibatkan proses pemutakhiran ke basisdata). Pesan yang saya terima adalah kode kegagalan 500 Internal Server Error dari server Web Apache dan jika ditelusuri ke error_log yang dihasilkan Apache, satu-satunya informasi yang diberikan adalah Premature end of script.

Saya coba telusuri beberapa rujukan, umumnya disebutkan bahwa persoalan tersebut bersumber dari izin yang dipasang untuk sebuah berkas. Namun pengamatan saya pada mt.cgi yang digunakan oleh Movable Type sebagai “pintu gerbang” semua urusan menghasilkan kondisi yang sudah sesuai: berkas tersebut dapat dieksekusi lewat cara suexec. Semua berkas di bawahnya juga saya periksa lewat perintah ls -l rekursif, hasilnya juga semua dalam kondisi beres. Apakah ada yang berubah dengan konfigurasi di tempat hosting saya?

Sampai akhirnya sehari setelahnya saya baca entri dari mailing list ProNet bahwa Movable Type gagal menggunakan modul DBD::mysql versi terbaru, yang digunakan untuk akses ke basisdata. Modul terbaru ini terbawa secara otomatis oleh CPanel yang banyak digunakan di tempat hosting dan akibatnya terjadi persoalan seperti yang saya jumpai. Di blog ProNet disebutkan bahwa belum jelas persoalan tersebut memang semata-mata dengan DBD::mysql atau terbawa oleh CPanel.

Setelah saya konsultasikan dengan administrator CPanel tempat hosting, saya mendapat keterangan bahwa CPanel mereka beberapa hari lalu dimutakhirkan ke versi Release — sebagai ganti dari versi Stable yang digunakan sebelumnya. Hmm, ini sedikit “bertentangan” dengan prinsip saya yang cenderung konservatif untuk urusan mesin produksi. Saya membiarkan Debian “Woody” Stable bertahun-tahun untuk server Web milik organisasi kami.

Alhasil, karena saya masih perlu cukup waktu untuk tetap menggunakan tempat hosting tersebut, saya urus lagi agar CPanel dikembalikan ke versi Stable dan modul DBD::MySQL saya turunkan versinya menggunakan skrip yang diinformasikan oleh Arvind Satyanarayan. Sekaligus saya minta maaf jika ada pengunjung yang gagal menuliskan komentar untuk #direktif beberapa hari ini.

[7 Jul] Jay Allen menulis pemberitahuan bahwa versi terbaru dari DBD::MySQL sudah tersedia.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/328

2 Comments

saya pernah coba install MT(Movable Type) tapi gagal terus karena tempat hosting tidak mendukug DBD: My SQl .. nah loh .. jadinya gagal nyicipin MT . Lagi pula selain itu saya tidak suka dengan gaya MT yg tidak opensource .. ntah lah .

Selain itu , saya malah berbanding terbalik dengan Anda , jika Anda suka mempertahankan ver stabil dari sebuah perangkat lunak , saya malah suka menggunakan update terbaru via SVN , walaupun ada kemungkinan repot akan berbagai macam ketidak stabilan , namun dengan begitu saya merasa senang telah menjadi bagian dari orang - oarng yang ikut menyaksikan “sejarah” sebuah aplikasi.

Begitu pula dengan WP saya memakai ver terbaru WP ver 1.6ALPHA-do-not-use , ntah kenapa saya suka ,w alau harus berdarah - darah

salam

wah berarti kasus saya mungkin gitu ya mas, ada yang berubah di apache hosting saya, hmm.. aku ga sabar jadi langsung ganti ke WP

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on July 6, 2005 7:14 AM.

Memutihkan Persoalan Hak Intelektual lewat Dalih Sejarah was the previous entry in this blog.

Dari Bandung. Di Akhir Pekan is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261