Uji Coba Antarmuka Baru Yahoo! Mail

| 3 Comments | No TrackBacks

Terbetik kabar dua hari lalu bahwa Yahoo! sedang melakukan uji coba antarmuka baru Webmail mereka dengan tampilan yang “lebih dinamik”. Dengan bantuan DHTML, pemakai akan merasakan sentuhan seperti halnya menggunakan klien email non-Web — disebut Outlook dalam hal ini — dan tidak perlu lagi bolak-balik antarhalaman Web yang memang membosankan dan ongkos untuk menampilkan sebuah email lebih mahal. Selain Outlook, produk lain seperti Mozilla Thunderbird, Evolution, Eudora, juga menggunakan antarmuka serupa; ditandai dengan pembagian jendela menjadi tiga blok, sebuah di kiri berupa lajur vertikal untuk menampilkan semua map kotak surat (Inbox, Trash, Draft, dan map buatan pengguna, misalnya), diikuti oleh pembagian dua lajur di kanan secara horizontal menjadi tampilan daftar email di map yang sedang aktif di bagian atas dan isi dari email di bagian bawahnya. Salah satu contoh tampilan tiga blok tersebut dapat dilihat di dokumentasi Evolution yang disediakan oleh Novell.

Di akun Yahoo! Mail saya, uji coba yang dimaksud belum terlihat — berarti saya bukan termasuk peserta tes. Kendati demikian, berita di atas menarik diikuti karena jika saya perlukan Yahoo! dalam modus Web (sekarang ini hanya “dilewati” karena email yang datang ke Yahoo! diteruskan ke server email kantor saya), usaha untuk pindah dari satu email ke email lain tidak terlalu melelahkan. Gmail pun saya biarkan modus Web untuk beberapa mailing list — jumlahnya tidak sebanyak yang saya pakai di akun email Yahoo!.

Dengan keduanya siap dipakai dalam modus Web, ada persediaan 3 GB untuk penyimpanan email jika saya sedang di luar jaringan email kantor. Kapasitas yang sangat memadai.

Apakah terobosan Yahoo! termasuk pemindahan gaya penyimpanan email konvensional, yang ditandai dengan hirarki map penyimpanan email, menjadi bentuk baru berbasis label? Entah, karena tentu Yahoo! tidak akan menyebut perubahan ini “menyerupai produk Google” misalnya. Publik sendiri sudah maklum dengan persaingan produk kedua alumni Stanford ini: apa yang disediakan Yahoo! akan disodorkan oleh Google, dan sebaliknya.

Begitulah… karena Google baru saja melansir pencarian khusus untuk blog, yaitu Google Blogsearch, apakah hal ini akan memicu Yahoo! untuk ikut serta beramai-ramai bertarung menghadapi Technorati?

[23 Sep] Jeremy Zawodny menulis tentang antarmuka baru Yahoo! Mail dilengkapi dengan hasil tangkapan layar. Ada lebih dari 42.000 di kotak surat saya, demikian disebut Zawodny.

No TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/353

3 Comments

tapi sepertinya yahoo seperti yang mengekor google

bingung

Kayaknya saya baca kemaren, katanya sih uji coba tampilan baru hanya buat accountholder USA.

Masalah Google dan Yahoo! yg saling mengekor gak masalah, yg penting buat memanjakan penggunanya yg gratisan lagi :).

#1, menurut Jeremy (staf Yahoo!),

I guess they’re trying to be a little bit more like Yahoo every day.

Aha!

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on September 16, 2005 10:34 AM.

Dunia Maya Kita was the previous entry in this blog.

Opera Akhirnya Gratis is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261