Opera Akhirnya Gratis

| 8 Comments | 2 TrackBacks

Hasil menjenguk arsip mailing list Diskusi Hosting, salah satu pemberitahuan tentang ulang tahun kesepuluh Opera adalah penyediaan versi gratis (tidak ada banner iklan di atas) pada tanggal 31 Agustus lalu. Ah, sayang… saya terlambat membaca tawaran tersebut.

Feel Free - Opera

Gambar diambil dari Portal Opera

Tergerak saya untuk mendatangi situs Web Opera dan terlihat perubahan yang mencolok di portal mereka, terutama bagian blog. Tata letak dan desain antarmuka sudah lebih halus, seperti melengkapi acara ulang tahun. Setelah menikmati kunjungan ke beberapa halaman di dalamnya, sebuah entri baru blog dari tim Opera muncul: Opera is Free!.

Ternyata “hadiah” tanggal 31 lalu adalah icip-icip dari rencana menyediakan perambah ini gratis secara total hari ini. Agar yakin, saya unduh versi Qt untuk Debian GNU/Linux Sarge. Benarlah, versi yang ditandai dengan nomor 8.5 ini sudah membuang banner iklan di bagian atas yang dulu lumayan menyita tempat. Dua orang teman segera mengambil Opera versi Windows dengan pertimbangan dapat dipakai sebagai perambah untuk keperluan pengujian halaman Web dan satu lagi karena integrasi dengan klien email dan antarmuka email yang dianggap lebih enak.

Kebetulan dalam sepekan ini saya menjumpai dua persoalan dengan halaman HTML dinamik di Firefox dan run-in yang belum diimplementasi dengan baik di Firefox.

Alasan lainnya barangkali seperti yang disebut Steven Haryanto bahwa klaim Firefox berjalan cepat di Linux perlu diluruskan atau dalam ungkapan dia, Perlu dioperasi kepalanya. Ah, Steve…

[21 Sep] Fasilitas baru yang menarik: pembaca berita (newsfeed) sudah mendukung spesifikasi Atom.

2 TrackBacks

TrackBack URL: http://mt4.atijembar.net/mt-tb.cgi/354

It was fortunate enough for me reading Opera is Free when I was visiting Opera Community. To "celebrate" that situation, I wrote entry for my blog, Read More

How Long Does Trackback Reach Its Destination? My entry, <cite>Move to Opera</cite>, has a trackback to my blog, <tt>#direktif</tt>, and posted ... Read More

8 Comments

ah iya, siapa bilang firefox kenceng? kalau dibandingin sama konqueror sih jauh :)

trimakasih untuk operanya :) ternyata opera lebih kenceng!

#1: Hehehe… iya, siapa ya? Jadi tetap bersikukuh pakai Konqueror? ;)

apakah untuk versi Mobile jg free?

di mac yang 800 MHz, opera sangat sangat jauh lebih cepat ketimbang firefox. sayangnya ada bug rendering tag html ordered item, kalau tag-nya nested di dalam tag lain, angkanya nggak dimunculkan (lihat bagian komentar di blog gue pake opera). terus opera juga masih nggak otomatis menampilkan dengan benar S5. firefox 1.5 RC1 juga masih nggak bener nampilin S5, walaupun anehnya versi 1.06 malah bener. belum tahu kalo di opera 8.5 udah bisa bener atau belum, coba gue download sekarang.

#4: dilihat dari Opera for Mobile masih terdapat dua versi bayar (buy) dan tinggal ambil (download). Saya belum tahu perbedaan keduanya karena belum pernah menggunakan Opera versi Mobile.

Makasih banget mas buat info Opera gratisnya. Udah tak instol. Cuman, knp masih tetep gak kenceng aje yah ke #direktif? Mesti pindah kandang lagi kayaknya nih mas. :)

Gw big fan tulisane Cak Amal. Hehehehe… Dengerlah jeritan kmi jika make dialup. :P

wah…kayaknya opera bakalan jadi nomor satu….

About this Entry

This page contains a single entry by Ikhlasul Amal published on September 20, 2005 7:48 PM.

Uji Coba Antarmuka Baru Yahoo! Mail was the previous entry in this blog.

Penjelasan terhadap Dugaan Keterkaitan Saya dengan Polisi EYD is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

OpenID accepted here Learn more about OpenID
Powered by Movable Type 4.261